Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa efektif media social yang digunakan oleh perpustakaan stikes muhammadiyah kuningan dalam berinteraksi dengan pemustaka yang ada di perpustakan stikes muhammadiyah kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang kemudian peneliti akan mewawancarai pustakawan stikes muhammadiyah kuningan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa perpustakaan stikes muhammadiyah menggunakan media social instagram dan whatsapp pribadi pustakawan ditempat bekerja tersebut. Perpustakaan stikes muhammadiyah kuningan lebih banyak berinteraksi Tanya jawab dengan pemustaka yakni melalui whatsapp pribadi untuk penggunaan instagram digunakan untuk menginformasikan beberapa informasi yang ada di perpustakaan diantaranya informasi layanan, koleksi dan beberapa kegiatan kampus  Namun untuk kedepannya perpustakaan stikes muhammadiyah kuningan akan mengefektifkan semua penggunaan social media seperti facebook, twitter dan social media lainnya. Adapun kendala yang dihadapi yakni dengan keterbatasan sumber daya manusia maka dari itu penggunaan social media kurang maksimal.

Keywords

Sosial media perpustakaan stikes muhammadiyah kuningan media interaktif media social kepustakawanan

Article Details

References

  1. Effendi, M. (2009). PERANAN INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 3(2), 130–142. https://doi.org/10.24090/komunika.v3i2.143
  2. Ghazali, Z. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH DALAM MASYARAKAT VIRTUAL [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/97w2k
  3. Gunawan, A. (2017). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DI PERPUSTAKAAN. 3, 4.
  4. Indonesia, A. (2015). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Retrieved November, 21, 2016.
  5. Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
  6. Supriyatno, H. (2019). Strategi pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan: Studi analisis persepsi pemustaka tentang efektifitas pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Indonesia Journal of Academic Librarianship, 3(3), 33–45.
  7. UU RI Nomor 43 Tentang Perpustakaan, (2007). https://library.uns.ac.id/wp-content/uploads/2016/02/UU-43-2007-PERPUSTAKAAN.pdf