Main Article Content

Abstract

Kegiatan user education pada perpustakaan perguruan tinggi merupakan sebuah kegiatan yang memberikan pengetahuan dan informasi kepada para pemustaka tentang bagaimana memanfaatkan perpustakaan secara baik dan benar. Sebagai sebuah perpustakaan perguruan tinggi, Perpustakaan IAIN Kudus menjadikan kegiatan user education bagi mahasiswa baru sebagai sebuah agenda rutin yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis tentang bagaimana pelaksanaan user education Perpustakaan IAIN Kudus pada tahun akademik 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi partispasi serta diperkaya dengan pengumpulan data menggunakan metode studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Pelaksanaan user education Perpustakaan IAIN Kudus tahun akademik 2021/2022 dilaksanakan dengan penyesuaian sesuai protokol kesehatan covid-19 karena dilaksanakan pada masa pandemi. 2) Pelaksanaan user education Perpustakaan IAIN Kudus tahun akademik 2021/2022 dilaksanakan dengan model orientasi perpustakaan dan model pengajaran perpustakaan. 3) Beberapa hal yang menjadi titik evaluasi dalam kegiatan user education ini antara lain adalah data mahasiswa, jadwal pelaksanaan, durasi pelaksanaan, promosi kegiatan, dan permasalahan yang bersifat teknis. 4) Tim pustakawan mempunyai peran yang sangat sentral dalam pelaksanaan kegiatan user education ini, peran tersebut antara lain terwujud dalam bentuk peran pemateri dan peran manajerial pelaksanaan kegiatan.

Keywords

Pendidikan pemakai Perpustakaan perguruan tinggi Pustakawan

Article Details

References

  1. Bungin, M. B. (2017). Penelitian Kualitatif (9th ed.). Kencana.
  2. Buwana, R. W. (2021). Problem Analysis of Online Based User Education at IAIN Kudus Library During Covid-19 Pandemic. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 23–44. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v5i1.23-44
  3. Febrianti, B. R. (2019). Pendidikan pemakai (user education) bagi mahasiswa baru di Perpustakaan Universitas Sriwijaya. Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca, 35(1), 15–22.
  4. Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Teori & praktek. Bumi Aksara.
  5. Heery, M., & Morgan, S. (1996). Practical Strategies For The Modern Academic Library. Aslib.
  6. Iskandar, I. (2016). Manajemen dan Budaya Perpustakaan. Refika Aditama.
  7. Istiana, P. (2014). Layanan Perpustakaan. Ombak.
  8. Izzah, D. K. (2021). Tingkat Keberhasilan Program Pendidikan Pengguna (User Education) di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 12(1), 28–36. https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.26819
  9. Lasa HS. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Pustaka Book.
  10. Lukenbill, W. B. (2012). Research in Information Studies: A Cultural and Social Approach. Xlibris Corporation.
  11. Masruri, A., Kuntoro, S. A., & Arikunto, S. (2016). Pengembangan kompetensi dan pendidikan berkelanjutan pustakawan PTAIN: Studi kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/jppfa.v4i1.9818
  12. Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan aplikasi. Kencana.
  13. Reitz, J. M. (2014). Online Dictionary for Library and Information Science. https://products.abc-clio.com/ODLIS/odlis_about.aspx
  14. Suleiman, S. (2012). User Education Programs in Academic Libraries: The Experience of the International Islamic University Malaysia Students. Library Philosophy and Practice (e-Journal). https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/774
  15. Suratmi, I. (2020). Promosi sebagai Upaya Meningkatkan Penggunaan Perpustakaan. http://digilib.isi.ac.id/6195/
  16. Undang Undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. (2007).
  17. Walsh, J. (2008). The Effects of Library Orientations on Student Usage of the Library. Library Hi Tech News, 25(1), 27–29. https://doi.org/10.1108/07419050810877535