Main Article Content

Abstract

Untuk memenuhi tujuan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan Pendidikan ataupun penelitian dan juga untuk mengelola hasil karya tulis atau cetak maka perlu sekiranya perpustakaan melakukan proses pengembangan koleski. Proses ini biasanya dimulai dari Analisa komunitas atau masyarakat sekitar dan kemudian menyeleksi koleksi apa saja yang akan ditampilkan di perpustakaan sampai dengan melakukan evaluasi terhadap koleksi yang dimiliki sehingga perpustakaan dapat memberikan suguhan informasi yang sesuai dengan kebutuhan para pemustaka. Sedangkan pada perpustakaan Universitas Ibrahimy masih tidak bisa merealisasikan secara maksimal proses pengembangan koleksinya. Artikel ini mengkaji proses pengembangan koleksi di perpustakaan UNIB dan melihat kendala yang terjadi dan peluang apa saja yang bisa dijadikan jalan keluar untuk dapat memaksimalkan proses pengembangan koleksi di perpustakaan UNIB. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan bahan pustaka. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa dari enam proses pengembangan koleksi baru ada tiga proses pengembangan koleksi yang dilakukan itupun tidak berjalan dengan maksimal. Hal ini terjadi karena kurangnya tenaga pustakawan yang ahli dibidang perpustakaan. Untuk memenuhi tujuan utama perpustakaan maka perlu sekiranya perpustakaan merealisasikan 3 proses pengembangan koleksi lainnya yang belum terlaksana

Keywords

Perpustakaan Pengembangan Koleksi

Article Details

References

  1. Bengi, Nuri Ifka. (2021). TAHAPAN-TAHAPAN DALAM PROSES PENGEMBANGAN KOLEKSI (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Gajah Putih Takengon, Kabupaten Aceh Tengah),19-37. http://dx.doi.org/10.22373/adabiya.v23i1.8547.
  2. Evans, G. Edward, dan Margaret Zarnosky Saponaro. 2005. Developing Library and Information Center Collections. Edisi kelima. Westport, Connecticut: Libraries Unlimited.
  3. Laksmi, (2019). Pengembangan Koleksi. Jakarta: Universitas Terbuka.
  4. Undang-undang Nomor 43 tahun 2007. Tentang Perpustakaan.
  5. Wahyuni, Sri, dan Elva Rahmah. (2012). Pengembangan Koleksi Perpustakaan Di Perpustakaan Kopertis Wilayah X, https://doi.org/10.24036/1526-0934.
  6. Yuliani, Tri. (2020). Analisis kebutuhan pemustaka pada kegiatan layanan pengembangan koleksi buku Perpustakaan IAIN Batusangkar, 41–52. https://doi.org/10.24952/ktb.v2i1.2328.