Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka yang telah memanfaatkan layanan penelusuran di Perpustakaan Universitas Airlangga. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Pemustaka yang menjadi responden mengisi kuisioner secara daring. Jumlah responden sebanyak 50 orang pemustaka. Penelitian ini untuk mengukur kesan pemustaka dalam memanfaatkan layanan penelusuran, kemudahan dalam mengakses layanan, kecepatan hasil penelusuran, dan tingkat kecapakan pustakawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan kesan umum terhadap layanan penelusuran di Perpustakaan Universitas Airlangga. 66 % responden mengatakan bahwa layanan penelusuran bernilai baik. 20 % responden mengatakan sangat baik. Ada 2 % pemustaka yang menyatakan kesan tidak baik. 75 % dari 50 orang menjawab mudah untuk mengakses dalam. layanan penelusuran. Mengenai kecepatan, 50 % responden manjawab cepat. 46 % menjawab cukup cepat, dan 4 % persen menjawab lambat. Secara umum layanan penelusuran repository, ejournal dan ebooks yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Universitas Airlangga telah dinilai baik lebih dari 50 % responden. Perpustakaan perlu menekankan jaminan terkirimnya hasil penelusuran dengan mengirim email otomatis pada pemustaka yang mengirim permintaan. Perpustakaan perlu mempertimbangkan biaya yang dikenakan kepada pemustaka dari non civitas akademika.

Keywords

Layanan Penelusuran Perpustakaan Universitas Airlangga

Article Details