Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Juni hingga Oktober 2022 dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Whatsapp sebagai media komunikasi akademik mahasiswa Ilmu Perpustakaan Angkatan 2019 Universitas lancang Kuning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu perpustakaan angkatan 2019 Unilak .Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merupakan identifikasi terhadap pengguna whatsapp yang diwakilioleh 5 mahasiswa Ilmu Perpustakaan angakatan 2019 Universitas Lancang Kuning.Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa penggunaan whatsapp sebagai media komunikasi akademik belum terpenuhi. Hal tersebut dapat dilihat pada sikap toleransi mahasiswa Ilmu Perpustakaan angkatan 2019padapenggunaan whatsapp.

Keywords

Komunikasi Akademik Ilmu Perpustakaan

Article Details

References

  1. Aulianto, D. R. (2019). Whatsapp Sebagai Media Komunikasi (Studi Fenomenologi Motif Pengaturan Privasi Chatting Pengguna Whatsapp dalam Komunikasi Antarpribadi). Commed : Jurnal Komunikasi dan Media, 3(2), 150. https://doi.org/10.33884/commed.v3i2.1031
  2. Burgon & Huffner. (2002). Human Communication. London: sage.
  3. Jumiatmoko. (2016). Whatsapp messenger dalam tinjauan manfaat dan adab, 3(April).
  4. Mei Yusmita, Zulfiah Larisu, S. (2014). Pemanfaatan Whatsapp Messenger sebagai media komunikasi antar pribadi mahasiswa ilmu komunikasi, 1–12.
  5. Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
  6. Nanang Martono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan analisis Data Sekunder (Ed.Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  7. Narti, S. (2018). Pemanfaatan “Whatsapp” Sebagai Media Komunikasi Dosen Dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016 ). Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448
  8. Nitisusastro M. (2012). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.
  9. Novrianti, Y. (2019). Literasi Media Sosial Di SMK Negeri 7 Pekanbaru. Universitas Lancang Kuning.
  10. Nurani Soyomukti. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. (Meita Sandra, Ed.). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
  11. Rahartri. (2019). “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka.
  12. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  13. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  14. Zakirman, & Rahayu, C. (2018). Popularitas WhatsApp Sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi Akademik Mahasiswa. Shaut al-Maktabah Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 10(1), 27–38. https://doi.org/10.15548/shaut.v10i1.7