Main Article Content

Abstract

Perkembangan robot terjadi sangat cepat. Robot dibuat dengan harapan dapat mempermudah pekerjaan manusia yang menjadi beban bagi sebagian orang. Di masa depan, profesi-profesi baru akan bermunculan sehingga tidak menutup kemungkinan ada beberapa profesi yang akan hilang. Profesi yang hilang bukan tanpa sebab melainkan hilang karena perkembangan teknologi yang menggantikan pekerja manusia dengan mesin-mesin otomatis. Robot dibuat dengan harapan dapat mempermudah pekerjaan manusia yang menjadi beban bagi sebagian orang. Kedepannya, perpustakaan mereka dapat menerapkan lebih banyak teknologi robotik di berbagai bagian seperti sistem pelayanan, katalogisasi, dan klasifikasi. Pustakawan memang tidak akan mudah digantikan dengan robot, namun robot atau teknologi canggih yang masuk ke perpustaaan akan menjadi alat yang membantu untuk meringankan seluruh kegiatan pustakawan di perpustakaan. Seorang pustakawan yang hidup di era digitalisasi dan teknologi canggih ini dituntun untuk memiliki skill-skill penting dan juga memiliki pengetahuan sosial yang luas. Selain di tuntun, pustakawan juga dituntut untuk dapat menguasai dan mengontrol kecanggihan teknologi yang akan masuk ke dalam bidang perpustakaan, agar dapat menjaga profesionalitas dan kinerja pustakawan di perpustakaan. Karena zaman yang semakin modern dan perkembangan teknologi yang semakin maju, hal ini membuat perpustakaan juga harus berkembang mengikuti perkembangan zaman agar tidak kehilangan eksistensinya.

Keywords

gedung perpustakaan robotika teknologi

Article Details

References

  1. Azmar, N. J. (2018). Masa depan perpustakaan seiring perkembangan revolusi industri 4.0 : mengevaluasi peranan pustakawan. Jurnal Iqra’ Vol 10 No. 01, 33-41.
  2. Hidayat, R. (2010). Teknologi Wireless RFID Untuk Perpustakaan Polnes: Suatu Peluang. Jurnal I nformatika Mulawarman, Vol 5 No. 1, 42-49.
  3. Natawijaya, A. (2018, April 14). Hubungan "Artificial Intelligence" dengan Pertumbuhan Bisnis. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/andrynatawijaya/5ad0c3e9cbe52306fe7e8f02/hubungan-artificial-intelligence-dengan-pertumbuhan-bisnis?page=all.
  4. Nurzaman, D. (2020). “Robot Corona – L” Solusi Pelayanan Perpustakaan Dimasa Pandemi Covid 19. Retrieved Maret 27, 2023, from https://disdikkbb.org/news/robot-corona-l-solusi-pelayanan-perpustakaan-dimasa-pandemi-covid-19/
  5. Rachman, T. (2015). Kampus Ini Gunakan Robot untuk Kelola Perpustakaan. Retrieved Maret 27, 2023, from https://internasional.republika.co.id/berita/nxkiqi219/kampus-ini-gunakan-robot-untuk-kelola-perpustakaan
  6. Ramadhan, K. P., Amroz, Y., & Adi, I. (2020). Inovasi Sistem Robotika Pada Perpustakaan. JEECOM, Vol. 2, No. 2, 13-16.
  7. Sany, N., Sugiarto, D., & Hikmah, N. (2019). Prototype Robot Penunjuk Lokasi Bidang Buku Berbasis Line Follower Perpustakaan Tangerang. Innovative Creative and Information Technology, Vol.5 No.1, 50-57.
  8. Sari, E. A. (2019). Peran Pustakawan Ai (Artificial Intelligent) Sebagai Strategi Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Revolusi 4.0. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 64-73.