Main Article Content

Abstract

Hingga saat ini, kebiasaan membaca masih menjadi hal yang sulit dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah Midnight Reading Club berpengaruh terhadap peningkatan motivasi membaca masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi anggota Midnight Reading Club yang tergabung dalam grup Discord adalah 1504 orang. Penentuan jumlah sampel digunakan teknik random sampling, kemudian dihitung dengan rumus Slovin dengan taraf kesalahan sebesar 10% dan diperoleh 94 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui survey kuesioner, kemudian data dianalisis dengan software SPSS for windows 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Midnight Reading Club berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap peningkatan motivasi membaca di kalangan masyarakat, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 dengan koefisiensi determinasi sebesar 0,313, atau diartikan sebagai variabel x memiliki pengaruh terhadap variabel y sebesar 31.3%. Saran pada admin komunitas Midnight Reading Club yaitu untuk lebih mengaktifkan kembali kegiatan yang dilakukan dan melakukan promosi di media sosial dengan harapan kegiatan tersebut dapat dikenal oleh masyarakat.

Keywords

Komunitas Virtual Motivasi Membaca

Article Details

References

  1. Ariani, D. (2018). Pengaruh Program Satu Tahun Menjadi Kutu Buku (One Year Being A Nerd) Terhadap Minat Baca Masyarakat Di Taman Baca Condrodimuko Kabupaten Asahan. Universitas Negeri Medan.
  2. Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Keempat). Pustaka Pelajar.
  3. Davega, E. (2017, October 10). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media
  4. Davis, M. H., Tonks, S. M., Hock, M., Wang, W., & Rodriguez, A. (2018). A Review of Reading Motivation Scales. Reading Psychology, 39(2), 121–187.
  5. Herlambang, Y. (n.d.). Participatory Culture dalam Komunitas Online sebagai Representasi Kebutuhan Manusia.
  6. Iva, A., & Febriana, D. (2018). DETERMINISME TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TUTUPNYA MEDIA SOSIAL PATH. In JURNAL LONTAR (Vol. 6).
  7. Jalil, A., & Elmustian. (2006). Pendidikan Bahasa Indonesia Di Kelas-kelas Rendah Sekolah Dasar. Unri Press.
  8. Kandow, T., Dengo, S., & Mambo, R. (2021). STRATEGI DINAS PERPUSTAKAAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASAYARAKAT KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR (Vol. 2021).
  9. Kertajaya, H. (2008). Arti Komunitas. Gramedia Pustaka Utama.
  10. Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2016). E-Commerce: Business, Technology, Society. (12th ed.). Pearson Education Limited.
  11. Mansyur, U. (2018). Korelasi Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMI. Multilingual: Jurnal Kebahasaan Dan Kesastraan, 17(1), 11–12.
  12. Nurazisah. (2021). Peran Komunitas Gen Libels (Generasi Lima Belas) dalam Pengembangan Minat Baca Masyarakat di Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. UIN Alauddin Makassar.
  13. Rheingold, H. (2000). The Virtual Community: Homesteading on the Electronic Frontier. MIT Press.
  14. Schiefele, U., Schaffner, E., Moller, J., & Wigfield, A. (2012). Dimensions of Reading Motivation And Their Relation to Reading Behavior And Competence. Reading Research Quarterly, 47(4), 427–463.
  15. Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Graha Ilmu.
  16. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  17. Turban, E., Potter, R. E., & Rainer, R. K. (2003). Introduction to Information Technology. John Wiley and Sons.
  18. Vanina Delobelle. (2008). Corporate Community Management. http://www.vaninadelobelle.com
  19. Wang, J. , & G. J. T. (2004). Modeling the effects of intrinsic motivation, extrinsic motivation, amount of reading, and past reading achievement on text comprehension between U.S. and Chinese students. Reading Search Quarterly, 162–186.
  20. Wardana, A. R. (2021). Upaya Komunitas Medan Membaca dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. UIN Sumatera Utara Medan.
  21. Yandini, E. I. (2019). Peran Perpustakaan Komunitas dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Universitas Airlangga.