Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mengetahui hubungan kemampuan baca mahasiswa pada 1500 kata dengan prestasi akademik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan baca mahasiswa pada 2000 kata dengan prestasi akademik. Metode penelitian : Studi eksperimen. Metode sampling : Convenience sampling dengan ukuran sampel (n) 41 partisipan. Metode analisis : Analisis statistik chi-square 2x3. Hasil penelitia : 1) Pada kemampuan baca 1500 kata, prestasi akademik tidak memiliki perbedaan dalam memahami teks; 2) Pada kemampuan baca 2000 kata, prestasi akademik memiliki perbedaan dalam memahami teks. Kesimpulan : Pada kemampuan baca 1500 kata, prestasi akademik mahasiswa tidak memiliki perbedaan, artinya mahasiswa dengan katagori sangat memuaskan dan katagori pujian tidak mengalami perbedaan dalam memahami teks. Namun ketika kemampuan baca dinaikkan menjadi 2000 kata, prestasi akademik mahasiswa mengalami perbedaan, artinya mahasiswa dengan katagori sangat memuaskan dan katagori pujian memiliki perbedaan dalam memahami teks.

Keywords

Prestasi akademik mahasiswa, kemampuan baca 1500 kata, kemampuan baca 2000 kata.

Article Details

References

  1. Adiwiria, & Supinah, P. (2007). Hubungan antara intelegensi kemampuan menyimak, dan kemampuan membaca, dengan prestasi belajar (studi pada siswa SMAN di Bandung). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i69.341.
  2. An, Shuying. (2013). Schema Theory in Reading. Theory & Practice in Language
  3. Studies, 3(1). DOI:10.4304/tpls.3.1.130-134.
  4. Anderson, R. C. (1972). Skills in Elementary Education. New York: Macmillan Publishing Co, Inc.
  5. Anderson, R. C., & Pearson, P. D. (1984). A schema-theoretic view of basic processes in reading. In P. D. Pearson, R.Barr, M. L. Kamil, & P. Mosenthal (Eds.), Handbook of reading research (pp. 255–292). New York: Longman.Retrieved fromhttp://hdl.handle.net/2142/31284
  6. Auzar, Mangatur S., & Zulhafizh. (2022). Kualitas kecepatan membaca efektif mahasiswa sebagai pertimbangan evaluasi tindak lanjutan. In Proceedings of Seminar Nasional Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIM.
  7. Beery, Althea.(1954). Interrelationships between Listening and Other Language Arts Areas. Elementary English.
  8. Bloom,B.S.1974. Taxonomy of Educational Objectives. The Classification of Education Goals. Hand book I Cognitive Domain New York: Longman INC.
  9. Burmeister, L.E. 1978. Reading Strategies for Middle and Secondary School Teachers. California
  10. Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
  11. Gilakjani, P, Abbas, & Sabouri, N. B. (2016). How can students improve their reading comprehension skill. Journal of Studies in Education, 6(2). DOI:10.5296/jse.v6i2.9201.
  12. Kintsch, W. (1998). Comprehension: A paradigm for cognition. Cambridge, UK: Cambridge University Press
  13. Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyifa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip. https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.103-114.
  14. Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
  15. Nurhadi. (2016) Strategi meningkatkan daya baca. Jakarta: Bumi Aksara.
  16. Sujana, L. R., Yanto, A., & Prijana, P. (2017). Hubungan kemampuan baca dengan prestasi akademik siswa. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 2(2).
  17. Prijana, and Yanto, A. (2020). Studi eksperimen: Bidang perpustakaan dan sains informasi. Bandung: CV Pustaka Utama Bandung.
  18. RM, Arnold, Prijana, and Sukaesih. (2015) Potensi Membaca Buku Teks. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan.
  19. Tampubolon. (2008). Kemampuan membaca, teknik membaca efektif dan efisien. Bandung: Angkasa.
  20. Van Dijk, T. A., &Kintsch, W. (1983). Strategies of discourse comprehension. New York: Academic Press. http://dx.doi.org/10.1177/1461445606059565.