Main Article Content

Abstract

Selama pandemi Covid-19, website perpustakaan menjadi sistem informasi perpustakaan yang sangat penting karena memuat informasi terkini yang berkaitan dengan perpustakaan. Keterbatasan mobilitas pemustaka secara fisik untuk akses informasi dan layanan perpustakaan selama pandemi Covid-19 dapat diwakilkan melalui website. Pembiasaan ini masih berlangsung hingga era baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap Website Perpustakaan UAD di era baru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif UAD. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 responden yang terdiri 30 responden laki-laki dan 30 responden perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner online yang dibagi kepada mahasiswa aktif UAD yang pernah dan atau sedang mengakses Website Perpustakaan UAD saat Covid-19 hingga era baru. Evaluasi  dalam penelitian ini menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan variabel content, accuracy, format, ease to use, timeliness yang terdiri dari 12 pertanyaan. Analisis data menggunakan Ms Excel dengan rumus  mean dan grand mean. Empat dari lima variabel dalam kajian ini mendapatkan predikat memuaskan: accuracy (80,3%), format (80,3%), ease to use (80,5%), timeliness (79,3%). Sedangkan nilai tertinggi adalah variabel content  dengan skor 82,9% dengan predikat sangat memuaskan. Dapat disimpulkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap Website Perpustakaan UAD dengan variabel EUCS memiliki nilai rata-rata 80,65% dengan katagori memuaskan.


 

Keywords

Kata kunci: evaluasi kepuasan website, perpustakaan UAD, EUCS, era baru

Article Details

References

  1. Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. Management Information Systems Research Center, University of Minnesota, Vol. 12(No. 2), 259–274.
  2. Fitriansyah, A., & Harris, I. (2018). Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Query: Journal of Information Systems, 2(1). Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/1552
  3. Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
  4. Mz, Y. (2016). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Informasi Interaktif, 1(1), 34–43.
  5. Naja, N.-U. (2020). Website sebagai Sarana Promosi Perpustakaan di SMA N 1 Jogjakarta. Al-Ma’mun: Jurnal Kajian Kepustakawanan dan Informasi, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.24090/jkki.v1i1.4048
  6. Nugroho, H. (2023). Evaluasi Pengelolaan Situs Web (Website) Pusat Riset Perikanan Tahun 2021. Jurnal Pari, 8(2), 99–110. https://doi.org/10.15578/jp.v8i2.12140
  7. Pratama, D. C. M., & Hartomo, K. D. (2021). Implementasi End User Computing Satisfaction (EUCS) Dalam Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Badan Pertanahan Nasional. 4(8). Retrieved from https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/1263
  8. Rahmadi, Moch. L. (2013). Tips Membuat Website Tanpa Coding & Langsung Online. Yogyakarta: Andi.
  9. Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode EUCS. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(3), 58–66.
  10. Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
  11. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (24th ed.). Bandung: Alfabeta.
  12. Sukmasetya, P., Setiawan, A., & Arumi, E. R. (2020). Peggunaan Usability Testing sebagai Metode Evaluasi Website KRS Online pada Perguruan Tinggi. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 9(1), 58–67. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v9i1.24691