Main Article Content

Abstract

Artikel ini ingin menjelaskan salah satu strategi yang dapat digunakan oleh perpustakaan dalam memasarkan produk serta jasa yang ada kepada pemustaka secara efektif dengan mengggunakan model AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action). Melalui model ini diharapkan tingkat kunjungan dan pemanfaatan perpustakaan akan semakin tinggi dikemudian hari.


Dalam mendapatkan data, peneliti menggunakan sejumlah instrumen seperti pedoman wawancara, observasi. Adapun partisipan dalam penelitian ini adalah pustakawan pada beberapa perpustakaan yang berada di wilayah Sumatera Barat.


Hasil studi menemukan hasil bahwa, hamper seluruh perpustakaan telah mengupayakan pemasaran produk jasa yang mereka miliki baik secara konvensional maupun digital. Namun, hal itu dilakukan tanpa mempertimbangkan strategi atau salah satu model yang digunakan sehingga diharapkan dengan menggunakan model AIDA ini sejumlah perpustakaan daerah tersebut mampu memasarkan institusi mereka secara lebih efektif dan efisien dikemudian hari.


Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Sebagian besar dari beberapa perpustakan yang berada di wilayah Sumatera Barat telah melakukan sejumlah upaya dalam memasarkan institusi nya sehingga dikenal, dikunjungi dan dimanfaatkan oleh pemustaka baik secara konvensional seperti pemasaran dari mulut ke mulut maupun melalui media digital seperti penggunaan media sosial, event dan lain sebagainya.

Keywords

Promosi Perpustakaan Perpustakaan Umum

Article Details

References

  1. Akpan, A., Augustine, U., & Madu, A. (2014). Effective Planning Strategies: A Key Component for Implementation of Automation in Academic Libraries. Information and Knowledge Management, 4(1).
  2. Armstrong, G., & Kotler, P. (2007). Marketing : an introduction. In TA - TT - (8th ed). Pearson Prentice Hall Upper Saddle River, N.J. https://doi.org/ LK - https://worldcat.org/title/61652059
  3. Dhiman, A. K., & Sharma, H. (2009). Services Marketing Mix in Library and Information Centres. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:14483863
  4. Hanlon, A. (2023). The AIDA model. Smart Insight. https://www.smartinsights.com/traffic-building-strategy/offer-and-message-development/aida-model/
  5. Helinsky, H. (2014). A Short-Cut to Marketing the Library (1st ed.). Elsevier.
  6. Jose, A., & Bhat, I. (2007). Marketing of Library and Information Services: A Strategic Perspective. Vision, 11(2), 23–28. https://doi.org/10.1177/097226290701100204
  7. Kotler, & Amstrong. (2001). Manajemen Pemasaran Indonesia. Salemba Empat.
  8. Kotler, P. (1988). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control (6th ed.). Prentice Hall.
  9. Kutu, J. O., & Olabode, O. (2018). Marketing of information products and services in public libraries in South West, Nigeria. International Journal of Library and Information Science, 10(6), 54–61. https://doi.org/10.5897/ijlis2017.0798
  10. Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2019). MKTG : Principles of Marketing. Cengage Learning.
  11. Madu Uzoma Augustine, Haruna Bala, Makinta Yusuf, & Tongs Hanatu E. (2017). A Review of the Concept, Relevance, Processes, and Planning Strategies for Marketing Library and Information Services. International Journal of Library and Information Studies, 7(1), 2231–4911. http://www.ijlis.org
  12. Olu Adeyoyin, S. (2005). Strategic planning for marketing library services. Library Management, 26(8/9), 494–507. https://doi.org/10.1108/01435120510631783
  13. Rofiq, A., Arifin, Z., & Wilopo. (2014). Penerapan Aida (Attention, Interest, Desire, Action). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 1–10.
  14. Sumarwan, U. (2002). Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia.
  15. Swastha, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Yogyakarta.