Main Article Content

Abstract

Meningkatkan kualitas promosi perpustakaan merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu layanan dengan menyesuaikan karakteristik pemustaka. Setiap perpustakaan mempunyai strategi dan efektifitas berbeda dalam promosi di berbagai media sosial seperti facebook, twitter, instagram, youtube dan tik tok. Hal ini menarik untuk dikaji lebih lanjut atau perlu dilakukan penelitian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi promosi dan media sosial yang efektif dalam promosi di Perpustakaan Universitas Jember. Metode penelitian  menggunakan kuantitatif deskriptif. Memberikan gambaran tentang strategi promosi dan media sosial yang paling efektif dalam promosi.  Subjek penelitian berjumlah 50 pemustaka. Sampel diambil berdasar teknik purposive sampling.dari pemustaka yang aktif minimal dua media sosial yaitu sejumlah 40 pemustaka. Skala pengukuran menggunakan skala likert yaitu Sangat Setuju, Setuju, Tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju, dengan media sosial sebagai obyek penelitian adalah facebook, instagram, twitter, youtube dan tik tok. Penelitian dilakukan di Perpustakaan Universitas Jember tanggal 11 Mei – 11 Juli 2023. Teknik  pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner melalui google form, observasi, dokumentasi  dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan strategi promosi diterapkan dengan teknik mengelompokkan jenis  konten yaitu All for User, Library Event, Library Services Promotion serta Campaign Literasi dan strategi promosi yang paling efektif dilakukan adalah melalui instagram.

Keywords

Promosi Strategi Promosi Media Sosial Perpustakaan Universitas Jember

Article Details

Author Biographies

Khusnun Nadhifah, Universitas Jember

Pustakawan Ahli Muda

Ighfirlina Yaumil Akhda, Universitas Jember

Tenaga Pendidikan/Pengelola Perpustakaan

References

  1. Anggraini, L. (2015). Perbedaan Self-Efficacy Dan Self Regulated Learning Antara Siswa Lakilaki Dan Perempuan Di SMA Negeri 1 Selatpanjang. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. http://repository.uin-suska.ac.id/6795/
  2. Arianti, G. (2017). Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instragram dan Path. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 180–191. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/21
  3. Kaplan, A., & Haenlein, M. (2014). Users of The World Opportunities of Social Media. Business Horizon.
  4. Kotler, P. (2009). Manajemen pemasaran. PT Index Kelompok Gramedia.
  5. Maryam, E. W., & Paryontri, R. . (2021). Psikologi komunikasi. Sidoarjo: UMSIDA Press.
  6. Nadhifah, K. (2020). Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Jember. Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(1), 1003. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i1.40985
  7. Nurhidayah. (2015). Evaluasi Strategi Pemasaran dalam Upaya Membangun Loyalitas Pengguna di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(1), 1–19. https://journal.ugm.ac.id/bip/article/view/8838/6703
  8. Patil, S. K., & Pradhan, P. (2014). Library Promotion Practices and Marketing of Library Services: A Role of Library Professionals. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 133, 249–254.
  9. Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Pustaka Setia.
  10. https://www.mendeley.com/catalogue/1fd3bb89-0bc8-3dbd-84dd-aad03cf3cc80/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Bb86bc024-6a36-46a5-a142-8b92630676d0%7D
  11. Prihatiningsih. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja. Jurnal Communication, VIII(1), 51–55. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/viewFile/651/543
  12. Rachman, Y. B., & Putri, D. A. (2018). Social Media Application in Indonesian Academic Library. Webology, 15(1), 19–29.
  13. https://scholar.ui.ac.id/en/publications/social-media-application-in-indonesian-academic-libraries#:~:text=The aim of this research is to identify,media to promote their services%2C facilities and collections.
  14. Rahma, S. (2014). Perkembangan Masyarakat Informasi Dan Teori Sosial Kontemporer. Kencana.
  15. Riyanto, A. D. (2020). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report.
  16. Roikanah, U., & Rachman, M. A. (2021). Penggunaan Instagram Sebagai Sarana Pemasaran: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Kolong Ciputat. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 7 (1), 1–18. https://doi.org/10.14710/lenpust.v7i1.26594
  17. Shimp, T. (2010). Advertising Promotion and Other Aspects of Interated Marketing Communication. : Nelson Education Ltd.
  18. Tampubolon, M. P. (2020). Change management: Manajemen Perubahan : Individu, Tim Kerja, Organisasi. Mitra Media Wacana.
  19. Zainuri, M. (2016). Jurnal Pembelajaran Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 783–792.