Main Article Content

Abstract

e-DDC merupakan salah satu perkembangan teknologi dibidang perpustakaan, sehingga para pustakawan bisa dengan mudah menentukan nomor klasifikasi tanpa harus membalikkan lembar demi lembar pada buku DDC. Namun, para pustakawan haruslah paham dalam menentukan tajuk koleksi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi klasifikasi koleksi di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Berdasarkan hasil Evaluasi Klasifikasi Koleksi di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning pada 10 kelas utama dengan total koleksi 19471 dapat di simpulkan bahwa tingkat kesesuaian penomoran klasifikasi koleksi yang dilakukan oleh pustakawan berjumlah 19233 koleksi dengan persentase 99% dapat dikatakan sangat tinggi, sedangkan ketidak sesuaian berjumlah 238 koleksi dengan persentase 1% dapat dikatakan sangat rendah.

Keywords

Evaluasi Klasifikasi, e-DDC, Universitas Lancang Kuning

Article Details

References

  1. Harahap, B. L. H., & Husna, J. (2018). Penerapan Sistem Klasifikasi Mandala Di Perpustakaan Gelaran Indonesia Buku Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(1), 181–190. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22829
  2. Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Profesional: Dasar-Dasar Teori Perpustakaan dan Aplikasinya (1st ed.). Sagung Seto.
  3. Munisah, S. (2019). Evaluasi Koleksi Perpustakaan Berdasarkan Pandangan. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 4(23), 129–146.
  4. Rifauddin, M., & Nurma, A. (n.d.). Evaluasi Koleksi Bahan Pustaka di Perpustakaan.
  5. Rotmianto, M. (2015). Classification Number Finder Based. 22(3), 15–22.
  6. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&A (Cet.2).
  7. Suwarno, W. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan (Sebuah Pendekatan Praktis) (A. Safa (ed.)). Ar-Ruzz.