Main Article Content

Abstract

Youtube menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, selain itu Youtube juga dapat dimanfaatkan sebagai platform untuk menyebarkan konten bertema literasi. Salah satu komunitas yang memanfaatkan Youtube untuk menyebarkan konten literasi adalah komunitas Booktube Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi inovasi yang dilakukan oleh anggota Booktube Indonesia dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam menyebarkan konten literasi melalui video Youtube. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu tujuh anggota aktif Booktube Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyebarkan konten literasi anggota Booktube Indonesia memiliki dua jenis inovasi yaitu inovasi terhadap jenis konten dan inovasi editing konten. Berbagai inovasi yang dibuat menghasilkan ribuan subscriber dan memiliki pendapatan dari kanal Youtube mereka. Terdapat kendala yang dihadapi oleh informan yaitu berupa waktu untuk membuat konten, mood, peralatan untuk merekam video, dan mencari penonton yang sesuai dengan jenis konten yang mereka buat. Diharapkan inovasi tersebut dapat dijadikan referensi oleh penggiat literasi lain untuk membuat konten serupa sebagai sarana promosi dan meningkatkan literasi masyarakat secara digital.


 

Keywords

Konten Literasi Komunitas Literasi Booktube

Article Details

References

Read More