Main Article Content

Abstract

Layanan perpustakaan digital yang berkualitas sangat diperlukan dalam melakukan akses informasi jarak jauh. Hal ini dibutuhkan supaya mahasiswa mendapatkan sumber informasi elektronik sesuai dengan kebutuhan. Penelitian berjudul Hubungan Antara Persepsi Koleksi Elektronik dan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Digital ini bertujuan untuk mengetahui 1) Nilai signifikan hubungan  antara persepsi koleksi elektronik dan teknologi informasi; 2) Nilai signifikan hubungan antara persepsi koleksi elektronik dan teknologi informasi terhadap kualitas layanan perpustakaan digital secara sendirian (parsial) maupun bersama (simultan)?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  yang terdiri dari 3 variabel yaitu: Persepsi koleksi elektronik dan teknologi informasi sebagai variabel bebas (independent). Sedangkan Persepsi kualitas layanan perpustakaan digital berfungsi sebagai variabel terikat (dependent). Metode pengambilan secara sampling probability. Analisa data uji signifikan menggunakan metode uji F dan uji t. Manfaat penelitian diharapkan sebagai bahan perumusan konseptual dalam peningkatan kualitas layanan perpustakaan digital melalui koleksi elektronik, teknologi dan sistem pencarian informasi. Hasil penelitian dapat dismpulkan hubungan persepsi koleksi elektronik dan teknologi informasi terhadap kualitas layanan Perpustakaan Digital dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara koleksi elektronik dan teknologi informasi. Koleksi elektronik secara sendirian maupun bersamaan mempunyai hubungan signifikan  terhadap kualitas layanan Perpustakaan Digital, sedangkan teknologi informasi secara sendirian (parsial) tidak signifikan, hal ini terjadi karena pustakawan sebagai sumber daya manusia kurang menguasai teknologi informasi sehingga operasionalnya tidak dapat berjalan maksimal

Keywords

Persepsi Kualitas Layanan Perpustakaan Digital Koleksi Elektronik dan Teknologi Informasi

Article Details

References

  1. Akpojotor, L. O. (2016). Awareness and usage of electronic information resources among postgraduate students of library and information science in Southern Nigeria. Library Philosophy and Practice, 9(1), 1–23. http://digitalcommons.unl.edu
  2. Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
  3. Bansode, N. N., & Shinde, M. G. (2019). Impact of New Technologies in the Digital Libraries. Journal of Advancements in Library Sciences, 6(1), 279–283. www.stmjournals.com
  4. Fayyaz Mohsin, S., Khatoon, S., & Atique Usman Librarian, S. (2014). Use of E-Resources by the Faculty Members of Sir Sayyed College Aurangabad: a Case Study. In International Research: Journal of Library & Information Science | (Vol. 4, Issue 2).
  5. Fox, R. (2013). Information technology: An introduction for today’s digital world. In Information Technology: An Introduction for Today’s Digital World. CRC Press Taylor & Francis Group.
  6. Gómez-Cruz, M. E., Harari-Betancourt, V., & Vergara-Mendoza, G. (2020). Quality indicators and user satisfaction in university libraries. Journal of Academic Librarianship, 46(6), 102230. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102230
  7. Hornby, A. S. (2015). Oxford Advanced Learner’s Dictionary (9th ed.). Oxford University Press.
  8. Hoxha, J., Razum, M., & Brahaj, A. (2013). Defining Digital Libraries. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics):, 8092 LNCS(June 2014), 1–8. https://doi.org/0.1007/978-3-642-40501-3_3
  9. Lasa Hs., & Suciati, U. (2017). Kamus Kepustakawanan Indonesia Edisi 4. Calpulis.
  10. Hutasoit, H. R. (2012). Perpustakaan Digital Perpustakaan Masa Depan. Jurnal Iqra, 06(2), 52–58. https://doi.org/10.1021/ac9024818
  11. Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Perpustakaan Nasional. www.perpusnas.go.id
  12. Khaisar M Khan, A. K. S. S. K. R. (2019). User ’ s Satisfaction on Library & Information Resources , facilities and Services : A User ’ s Satisfaction on Library & Information Resources , facilities and Services : A Case Study in Vidyavardhaka First Grade College , Mysuru. National Conference on Library in the Life of User, March, 1–21. https://www.researchgate.net/publication/332104337
  13. Kiriri, P. N. (2019). Reliability And Validity Of A Libqual Scale: A Case Of A Private University In Kenya. DBA Africa Management Review, 9(1), 52–68. http://journals.uonbi.ac.ke/damr/article/view/1090
  14. Li, Y., & Liu, C. (2019). Information Resource, Interface, and Tasks as User Interaction Components for Digital Library Evaluation. Information Processing and Management, 56(3), 704–720. https://doi.org/10.1016/j.ipm.2018.10.012
  15. LibQual. (2021). What is LibQUAL.
  16. Mikalef, P., & Pateli, A. (2017). Information technology-enabled dynamic capabilities and their indirect effect on competitive performance: Findings from PLS-SEM and fsQCA. Journal of Business Research, 70, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.09.004
  17. Mishra, R. K. (2016). Digital Libraries: Definations, Issues, and Challanges. Innovare Journal of Education, 4(3), 1–3.
  18. Nadhifah, K. (2020). Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Jember. Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(1), 1003. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i1.40985
  19. Onyeisi, O. F., Ajisafe, S. U., & Toyese, O. T. (2019). Evaluation of User’s Satisfaction with Reference Services in Selected Federal University Libraries in Southeastern Nigeria. Insaniyat: Journal of Islam and Humanities, 3(2), 85–98. https://doi.org/10.15408/insaniyat.v3i2.10326
  20. Pathak, S. (2021). The Effect/Impact of Information Communication Technology in Library Services. International Journal of Creative Research Thoughts, 9(2), 2320–2882. www.ijcrt.org
  21. Prabowo, T. (2013). Mengenal Perpustakaan Digital. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(February), 103–113. https://www.researchgate.net
  22. Risparyanto, A. (2019). Pelayanan Bimbingan Literasi dan Sumber Informasi Perpustakaan Bagi Mahasiswa yang Sedang Menyusun Tugas Akhir. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(1), 1. https://doi.org/10.22146/bip.36842
  23. Situmorang, R. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.
  24. Sun, J., & Yuan, B.-Z. (2012). Development and Characteristic of Digital Library as a Library Branch. IERI Procedia, 2, 12–17. https://doi.org/10.1016/j.ieri.2012.06.044
  25. Sun, J., & Yuan, B. (2020). Pengembangan dan Karakteristik Perpustakaan Digital sebagai Perpustakaan Cabang. 2(2012), 5–9.
  26. Susanto, A., & Meiryani. (2019). The future of information technology. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 305–308. https://doi.org/10.5840/jis2013251/28
  27. Thanuskodi, S. (2012). Use of E-resources by the Students and Researchers of Faculty of Arts, Annamalai University. International Journal of Library Science, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.5923/j.library.20120101.01
  28. Victoria, A. (2019). Information Technology. Lecture Notes in Logistics, February, 165–190. https://doi.org/10.1007/978-3-319-92447-2_8
  29. Widayanti, Y. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Digital. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 3(1), 125–137. https://doi.org/10.21043/LIBRARIA.V3I1.1579
  30. Wikoff, K. (2012). Electronic Resources Management in the Academic Library: A Professional Guide. Libraries Unlimited. e-resource perpusnas.go.id
  31. Xie, I., Joo, S., & Matusiak, K. K. (2014). Digital Library Evaluation Criteria: What do Users Want? Journal of the Korean BIBLIA Society for Library and Information Science, 25(1), 5–18. https://doi.org/10.14699/kbiblia.2014.25.1.005