Main Article Content

Abstract

Perpustakaan dikatakan sebagai lembaga yang berfokus pada penyediaan informasi harus terus berkembang sejalan dengan perkembangan zaman dan semakin beragamnya jenis informasi yang dibutuhkan pemustaka. Sebagai upaya menyikapi hal tersebut, pengelolaan perpustakaan harus dilakukan oleh pustakawan yang mempunyai kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan serta bersikap professional agar pelayanan prima di perpustakaan dapat tercipta. Pelayanan prima menjadi penentu dalam tercapainya kebutuhan pemustaka. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi seperti apa yang harus dimiliki pustakawan untuk menciptakan pelayanan yang prima di perpustakaan. Pelayanan prima dapat terwujud dengan keterampilan yang spesifik, seperti kemampuan melakukan manajemen pekerjaan, kemampuan untuk mengantisipasi segala kemungkinan, kemampuan dalam mengelola suasana kerja dan kemampuan untuk beradaptasi dengan ilmu pengetahuan yang ada kedalam kondisi yang baru. Pustakawan juga diharapkan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara professional serta berkualitas sehingga dapat menyediakan pelayanan prima di perpustakaan.

Keywords

Kompetensi Pustakawan Pelayanan Prima Perpustakaan

Article Details

References

Read More