Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas strategi promosi media sosial yang digunakan oleh Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta (UNU) dalam menarik minat kunjung pemustaka. Perpustakaan UNU Yogyakarta beralih ke gedung baru pada November 2023, yang menandai perlunya strategi promosi yang efektif untuk menarik perhatian pemustaka. Dengan memanfaatkan media sosial, terutama Instagram, Facebook, dan platform lainnya, perpustakaan berupaya memberikan informasi tentang koleksi dan layanan yang dimilikinya. Melalui wawancara dan observasi pada Desember 2023, penelitian ini mengungkapkan bahwa perpustakaan melakukan upaya promosi yang konsisten dengan menghasilkan dua konten per minggu. Konten tersebut berfokus pada video pendek dan gambar, mencakup tutorial penggunaan layanan, peristiwa-peristiwa tertentu, dan informasi umum. Meskipun hanya memiliki tiga pustakawan, perpustakaan mencapai peningkatan pengikut, viewer, dan kunjungan pemustaka. Strategi ini membuktikan keberhasilan dalam meningkatkan interaksi dan partisipasi pemustaka melalui media sosial, sekaligus memberikan gambaran positif tentang perpustakaan sebagai tempat yang ramah dan berdaya saing.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 UNILIB : Jurnal Perpustakaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Alley, A., & Hanshew, J. (2022). A long article about short videos: A content analysis of U.S. academic libraries’ use of TikTok. The Journal of Academic Librarianship, 48(6), 102611. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102611
- Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.
- Basuki, S. (2006). Metode Penelitian. Wedatama Widya Sastra.
- Chan, T. T. W., Lam, A. H. C., & Chiu, D. K. W. (2020). From Facebook to Instagram: Exploring user engagement in an academic library. The Journal of Academic Librarianship, 46(6), 102229. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102229
- da Costa Santos, C. M., de Mattos Pimenta, C. A., & Nobre, M. R. C. (2007). The PICO strategy for the research question construction and evidence search. Revista Latino-Americana De Enfermagem, 15(3), 508–511. https://doi.org/10.1590/s0104-11692007000300023
- Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat. Paradigma, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.31294/p.v19i2.2120
- Glueck, W. F., & Jauch, L. R. (2000). Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan (2nd-ed).
- J. Moleong, L. (2006). Metodologi
References
Alley, A., & Hanshew, J. (2022). A long article about short videos: A content analysis of U.S. academic libraries’ use of TikTok. The Journal of Academic Librarianship, 48(6), 102611. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102611
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.
Basuki, S. (2006). Metode Penelitian. Wedatama Widya Sastra.
Chan, T. T. W., Lam, A. H. C., & Chiu, D. K. W. (2020). From Facebook to Instagram: Exploring user engagement in an academic library. The Journal of Academic Librarianship, 46(6), 102229. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102229
da Costa Santos, C. M., de Mattos Pimenta, C. A., & Nobre, M. R. C. (2007). The PICO strategy for the research question construction and evidence search. Revista Latino-Americana De Enfermagem, 15(3), 508–511. https://doi.org/10.1590/s0104-11692007000300023
Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat. Paradigma, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.31294/p.v19i2.2120
Glueck, W. F., & Jauch, L. R. (2000). Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan (2nd-ed).
J. Moleong, L. (2006). Metodologi