Main Article Content
Abstract
Era globalisasi menuntut pelayanan prima sebagai salah satu instrument penting. Indonesia menjadi peringkat ke-2 negara dengan jumlah perpustakaan terbanyak di dunia dalam sensus data perpustakaan tahun 2018 terdapat total 164.610 perpustakaan dan nilai untuk membaca 371 Indonesia berada di enam peringkat terbawah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola pelayanan prima instansi pemerintah kajian pada perpustakaan perguruan tinggi negeri. Hasil penelitian menyatakan perpustakaan perguruan tinggi melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, yang bergerak di bidang informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Manajemen pelayanan perpustakaan dimulai dari: (1) Struktur organisasi internal dan eksternal perpustakaan dan kaitannya dengan organisasi induknya, (2) Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen perpustakaan dan unit-unitnya (planning, organizing, actuating/leading, and controlling), (3) Standar anggaran perpustakaan, (4) Budaya organisasi perpustakaan, yang terdiri atas visi, misi, dan nilai-nilai strategis perpustakaan. Pelayanan prima di perpustakaan perlu didukung SDM yang professional.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 UNILIB : Jurnal Perpustakaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Achnes, S. (2011). Pelayanan Prima Sebagai Upaya Pelaksanaan Good Governement. Jurnal Kebijakan Publik, 2(2), 28–37. https://doi.org/10.31258/jkp.v2i2.883
- Astuti, P. (2016). Membangun Citra Perpustakaan Perguruan Tinggi. JIPI Jurnal Ilmu Perpustakaan & Informasi, 1(2), 206–225. https://doi.org/10.30829/jipi.v1i2.562
- Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.
- Diahloka, C., & Shaleh, A. B. (2013). Membagun Kualitas Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Etos Kerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik., 3(1), 2013. https://doi.org/10.33366/rfr.v3i1.30
- Dreher. (2011). Human Resource Strategy, A Behavioral Perspective for the General Manager (Mc Graww-Hill international Edition).
- Evalina. (2018). Kualitas Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Imam Bonjol Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 19-30. doi:10.15548/jib.v2i1.26
- Hapsari, I. R. D., T.H.Santosa, D., & Sutaryadi. (2018). Analisis Pelayanan Prima Pada Bidang Pencatatan Sipil di Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. JIKAP: Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran., 2(4), 25–33. https://doi.org/10.20961/jikap.v2i4.20494
- Hartono. (2016). Manajemen Sumber Informasi Perpustakaan. (Edisi Pert). Calpulis.
- Haryono, B. S., & Cahyono, T. Y. (2020). Implementasi Kebijakan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi: Di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 42(2), 179–191. https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i2.640
- Inajati, E., & Priyo, U. R. E. (2019). Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi Yang Berorientasi Pada Civitas Akademika dan Perkembangan Teknologi Informasi. Jurnal Pustaka Budaya., 6(2), 30–38. https://doi.org/10.31849/pb.v6i2.2206
- Iswanto, R. (2017). Kebijakan Pengembangan Koleksi dan Pemanfaatannya di Perpustakaan Perguruan Tinggi (Analisis Penerapan Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Utama Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.29240/tik.v1i1.206
- Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Tinggi, (2017).
- Kusumawatie, N. (2022). Fungsi-Fungsi Manajemen Perpustakaan. perpusunikdas.blogspot.com/2016/10/fungsi-fungsi-manajemen-perpustakaan.html
- Lestari, R. A., & Santoso, S. A. (2022). Pelayanan Publik Dalam Good Governance. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Juispol), 2(1), 43–55. https://doi.org/10.30742/juispol.v2i1.2134
- Marhamah, S., Yolanda, A., Sari, R. A., & Nurismilida. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Perguruan Tinggi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 40-45. doi:10.47709/educendikia.v1i2.1002
- Makmur, T. (2015). Perpustakaan Era Keterbukaan Informasi Publik. Graha Ilmu.
- Keputusan Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik., (2003).
- Nurohman, A. (2016). Pengelolaan PerPustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Akreditasi. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan., 4(2), 419–448. https://doi.org/10.21043/libraria.v4i2.1711
- Nurulsyam, A. (2015). Pelaksanaan Penerapan Prinsip Pelayanan Prima Pada Bidang Tenaga Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ciamis. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan., 1(2), 223–232. https://doi.org/10.25147/moderat.v1i2.2778
- Nurwarniatun. (2019). Peningkatan Mutu Manajemen Perpustakaan di Perguruan Tinggi. Realita Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam., 17(2), 1–18. https://doi.org/10.30762/realita.v17i2.1861
- OECD. (2019). PISA 2019 Insights and Interpretations. In OECD Publishing. https://www.oecd.org/pisa/PISA2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf
- Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi., (2017).
- Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2014 pasal 39 ayat 1 (satu) tentang pelaksanaan UU nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, (2014).
- Permendikbud Nomor 34 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).
- Undang-Undang Republik Indonesia No 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan., (2010).
- Pujileksono, S. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.
- Raspati, G., Riyanto, A., & Rahayu, Y. (2020). Kontribusi Kualitas Pelayanan Unggul Untuk Memaksimalkan Tingkat Kepuasan Konsumen. Perspektif Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika., 18(2), 130–138. https://doi.org/10.31294/jp.v18i2.8401
- Riofita, H. (2018). Analisis Pelayanan Prima dan Kualitas Pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Provinsi Riau. JPEK: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 29–48. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p29-48
- Ristiani, I. Y. (2020). Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen, X1(2), 165–178. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i2.116
- Rohayatin, T., Warsito, T., Pribadi, U., Nurmandi, A., Kumorotmo, W., & Suranto. (2017). Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan. Jurnal Caraka Prabu, 01(01), 22–36. https://doi.org/10.36859/jcp.v1i01.50
- Semil, N. (2018). Pelayanan Prima Instansi Pemerintah. Prenadamedia Group.
- Sukatin, Nuraini, Azzahra, A. C., Yunita, F. R., Fransiska, S., & Nafi, T. (2022). Manajemen Pelayanan Publik di Pendidikan Tinggi. Histeria: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora., 1(2), 70–78. https://jurnal.arka.institute.co.id/index.php/histeria/index
- Susinta, A. (2022). Management of Praja’s Reading Culture Development Through Website Media Promotion at The Institute of Domestic Government’s Campus Library in Jatinangor. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan., 12(1), 13–25. https://doi.org/10.20473/jpua.v12i1.2022.13-25
- Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Penerbit ANDI.
- Ulya. (2017). Menuju Perpustakaan Perguruan Tinggi Yang Bermutu. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan., 4(2), 449–466. https://doi.org/10.21043/libraria.v4i2.1772
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional., (2003).
- Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Pasal 5 tentang Pelayanan Publik, (2009).
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik., (2009).
- Widodo. (2018). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Rajawali Pers.
References
Achnes, S. (2011). Pelayanan Prima Sebagai Upaya Pelaksanaan Good Governement. Jurnal Kebijakan Publik, 2(2), 28–37. https://doi.org/10.31258/jkp.v2i2.883
Astuti, P. (2016). Membangun Citra Perpustakaan Perguruan Tinggi. JIPI Jurnal Ilmu Perpustakaan & Informasi, 1(2), 206–225. https://doi.org/10.30829/jipi.v1i2.562
Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.
Diahloka, C., & Shaleh, A. B. (2013). Membagun Kualitas Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Etos Kerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik., 3(1), 2013. https://doi.org/10.33366/rfr.v3i1.30
Dreher. (2011). Human Resource Strategy, A Behavioral Perspective for the General Manager (Mc Graww-Hill international Edition).
Evalina. (2018). Kualitas Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Imam Bonjol Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 19-30. doi:10.15548/jib.v2i1.26
Hapsari, I. R. D., T.H.Santosa, D., & Sutaryadi. (2018). Analisis Pelayanan Prima Pada Bidang Pencatatan Sipil di Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. JIKAP: Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran., 2(4), 25–33. https://doi.org/10.20961/jikap.v2i4.20494
Hartono. (2016). Manajemen Sumber Informasi Perpustakaan. (Edisi Pert). Calpulis.
Haryono, B. S., & Cahyono, T. Y. (2020). Implementasi Kebijakan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi: Di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 42(2), 179–191. https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i2.640
Inajati, E., & Priyo, U. R. E. (2019). Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi Yang Berorientasi Pada Civitas Akademika dan Perkembangan Teknologi Informasi. Jurnal Pustaka Budaya., 6(2), 30–38. https://doi.org/10.31849/pb.v6i2.2206
Iswanto, R. (2017). Kebijakan Pengembangan Koleksi dan Pemanfaatannya di Perpustakaan Perguruan Tinggi (Analisis Penerapan Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Utama Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.29240/tik.v1i1.206
Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Tinggi, (2017).
Kusumawatie, N. (2022). Fungsi-Fungsi Manajemen Perpustakaan. perpusunikdas.blogspot.com/2016/10/fungsi-fungsi-manajemen-perpustakaan.html
Lestari, R. A., & Santoso, S. A. (2022). Pelayanan Publik Dalam Good Governance. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Juispol), 2(1), 43–55. https://doi.org/10.30742/juispol.v2i1.2134
Marhamah, S., Yolanda, A., Sari, R. A., & Nurismilida. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Perguruan Tinggi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 40-45. doi:10.47709/educendikia.v1i2.1002
Makmur, T. (2015). Perpustakaan Era Keterbukaan Informasi Publik. Graha Ilmu.
Keputusan Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik., (2003).
Nurohman, A. (2016). Pengelolaan PerPustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Akreditasi. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan., 4(2), 419–448. https://doi.org/10.21043/libraria.v4i2.1711
Nurulsyam, A. (2015). Pelaksanaan Penerapan Prinsip Pelayanan Prima Pada Bidang Tenaga Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ciamis. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan., 1(2), 223–232. https://doi.org/10.25147/moderat.v1i2.2778
Nurwarniatun. (2019). Peningkatan Mutu Manajemen Perpustakaan di Perguruan Tinggi. Realita Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam., 17(2), 1–18. https://doi.org/10.30762/realita.v17i2.1861
OECD. (2019). PISA 2019 Insights and Interpretations. In OECD Publishing. https://www.oecd.org/pisa/PISA2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf
Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi., (2017).
Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2014 pasal 39 ayat 1 (satu) tentang pelaksanaan UU nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, (2014).
Permendikbud Nomor 34 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).
Undang-Undang Republik Indonesia No 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan., (2010).
Pujileksono, S. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.
Raspati, G., Riyanto, A., & Rahayu, Y. (2020). Kontribusi Kualitas Pelayanan Unggul Untuk Memaksimalkan Tingkat Kepuasan Konsumen. Perspektif Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika., 18(2), 130–138. https://doi.org/10.31294/jp.v18i2.8401
Riofita, H. (2018). Analisis Pelayanan Prima dan Kualitas Pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Provinsi Riau. JPEK: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(1), 29–48. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p29-48
Ristiani, I. Y. (2020). Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen, X1(2), 165–178. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i2.116
Rohayatin, T., Warsito, T., Pribadi, U., Nurmandi, A., Kumorotmo, W., & Suranto. (2017). Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan. Jurnal Caraka Prabu, 01(01), 22–36. https://doi.org/10.36859/jcp.v1i01.50
Semil, N. (2018). Pelayanan Prima Instansi Pemerintah. Prenadamedia Group.
Sukatin, Nuraini, Azzahra, A. C., Yunita, F. R., Fransiska, S., & Nafi, T. (2022). Manajemen Pelayanan Publik di Pendidikan Tinggi. Histeria: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora., 1(2), 70–78. https://jurnal.arka.institute.co.id/index.php/histeria/index
Susinta, A. (2022). Management of Praja’s Reading Culture Development Through Website Media Promotion at The Institute of Domestic Government’s Campus Library in Jatinangor. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan., 12(1), 13–25. https://doi.org/10.20473/jpua.v12i1.2022.13-25
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Penerbit ANDI.
Ulya. (2017). Menuju Perpustakaan Perguruan Tinggi Yang Bermutu. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan., 4(2), 449–466. https://doi.org/10.21043/libraria.v4i2.1772
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional., (2003).
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Pasal 5 tentang Pelayanan Publik, (2009).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik., (2009).
Widodo. (2018). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Rajawali Pers.