Main Article Content
Abstract
Meskipun berbagai keterampilan untuk menggunakan media digital, kumpulan data, dan internet untuk tujuan tertentu sudah tidak diragukan lagi menjadi keterampilan yang penting, warga dalam masyarakat pengetahuan saat ini membutuhkan lebih dari sekadar keterampilan. Mereka harus dapat memahami dan secara kritis merefleksikan pengumpulan data pribadi mereka yang tersebar luas di internet dan kemungkinan risiko serta implikasi yang akan muncul dengan praktik big data. Artikel ini membahas tentang wawasan keterampilan digital yang diperlukan dalam pemanfaatan big data demi mewujudkan masyarakat pengetahuan, yang tidak hanya terampil, namun juga memiliki kesadaran tentang perilaku informasi data terbuka, sehingga masyarakat menjadi lebih bijak, dan kemungkinan resiko serta ancaman yang mengintai dapat diminalisir atau bahkan dihindari. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang disampaikan secara deskriptif dan berisi kutipan dari data untuk menggambarkan seperti apa situasi atau pandangan dunia tertentu dalam bentuk naratif. Penelitian kualitatif dilakukan melalui pemaparan pendapat atau pemahaman para ahli terhadap fenomena yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah jenis penelitian kepustakaan, dimana penulis mengumpulkan data berupa buku, manuskrip, artikel ilmiah, laporan, hasil survei, website atau majalah yang relevan dengan objek penelitian. Dalam perspektif big data, dan oleh karena kepentingan untuk mewujudkan masyarakat pengetahuan, maka diperlukan perubahan sosial dalam masyarakat secara spesifik dalam bentuk perpindahan dari masyarakat informasi yang didasarkan pada ekonomi pengetahuan menjadi masyarakat yang didasarkan pada pengetahuan. Masyarakat pengetahuan adalah masyarakat yang menghasilkan, memproses, membagikan, dan membuat pengetahuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kondisi manusia tersedia bagi semua anggotanya. Tantangan keterampilan literasi digital big data dalam mewujudkan masyarakat pengetahuan terletak pada upaya membentuk kompetensi dan kemampuan manusia untuk belajar dari sejumlah data yang secara signifikan melebihi kapasitas kognitif manusia. Kompetensi dan kemampuan yang dimaksud adalah gabungan dari berbagai keterampilan untuk belajar dari data yang dikembangkan oleh semua bentuk literasi, yang perlu didukung oleh keahlian tambahan yaitu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 UNILIB : Jurnal Perpustakaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Annur, C. M. (2022, August 9). Frekuensi Responden Mengkakses Konten Cek Fakta (Juli 2022). Retrieved from Katadata Insight Center: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/28/survei-mayoritas-warga-ri-sering-akses-konten-cek-fakta
- Annur, C. M. (2022, August 9). Tingkat Perlindungan Data Pribadi Masyarakat Indonesia (2021). Retrieved from Katadata Insight Center: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/09/pelindungan-data-pribadi-warga-ri-masih-tergolong-rendah%20
- Bhatia, A. (2015-2016). Big Data Analytics. Mumbai: Mumbai University.
- Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education An Introduction to Theory and Methods-FIFTH EDITION. Boston: Pearson Education, Inc.
- Boyd, D., & Crawford, K. (2012). Critical Questions for Big Data: Provocations for a Cultural, Technological, and Scholarly Phenomenon. Information, Communication & Society, 15(5):662-679.
- Castelfranchi, C. (2007). Comment. Six Critical Remarks on Science and the Construction of the Knowledge Society. Journal of Science Communication, SISSA – International School for Advanced Studies.
- Catts, R., & Lau, J. (2008). Towards Information Literacy. Paris: UNESCO Institute for Statistics.
- Christozov, D., & Toleva-Stoimenova, S. (2015). Big Data Literacy: A New Dimension of Digital Divide, Barriers in Learning via Exploring “Big Data”. Strategic Data-Based Wisdom in the Big Data Era (pp. 156-171). IGI Global publisher.
- D’Ignazio, C., & Bhargava, R. (2015). Approaches to Building Big Data Literacy. New York City: Bloomberg Data for Good Exchange Conference.
- Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif (Cet. Ke- 2). Malang: UMM Press.
- ICO and Ofcom. (2019). Adtech: Market Research Report (2019). Information Commisioner's Office, Ofcom. https://www.ofcom.org.uk/__data/assets/pdf_file/0023/141683/ico-adtech-research.pdf.
- Iinuma, M. (2016). Learning and Teaching with Technology in the Knowledge Society New Literacy, Collaboration and Digital Content. The Author(s):SpringerBriefs in Education.
- Jones, R. H., & Hafner, C. A. (2012). Understanding Digital Literacies A practical introduction. New York: Routledge Taylor & Francis Group.
- Jones, R. H., & Hafner, C. A. (2021). Understanding Digital Literacies A Practical Introduction (Second edition). New York: Routledge Taylor & Francis Group.
- Jones-Kavalier, B. R., & Flannigan, S. L. (2006). Connecting the Digital Dots: Literacy of the 21st Century. Educause Quarterly, 29(2):8-10.
- Katadata Insight Center. (2021). Status Literasi Digital di Indonesia 2021. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika.
- Lanning, S. (2014). Reference and Instructional Services for Information Literacy Skills in School Libraries-Third Edition. California: Libraries Unlimited An Imprint of ABC-CLIO, LLC.
- Lee, S.-H. (2014). Digital Literacy Education for the Development of Digital Literacy. International Journal of Digital Literacy and Digital Competence, 5(3):29-43.
- Letouzé, E. (2012). Big Data for Development:Challenges & Opportunities. New York: UN Global Pulse.
- Miller, C., Coldicutt, R., & Kitcher, H. (2018). People, Power and Technology: The 2018 Digital Understanding Report. London: Doteveryone. http://understanding.doteveryone.org.uk/.
- Rahmatullah, T. (2021). Teknologi Persuasif : Aktor Penting Media Sosial Dalam Mengubah Sikap dan Perilaku Pengguna. Jurnal Soshum Insentif, 4(1):60-78. DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v4i1.509.
- Sander, I. (2020). What is critical big data literacy and how can it be implemented?. INTERNET POLICY REVIEW Journal on internet regulation, 9(2):1-22. DOI: 10.14763/2020.2.1479.
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. Ke- 24). Bandung: Alfabeta.
- Syaripudin, A., Ahmad, D., Ningrum, D. W., Banyumurti, I., & Magdalena, M. (2018). Kerangka Literasi Digital Indonesia. Jakarta: Siberkreasi.
- Tene, O., & Polonetsky, J. (2013). Big Data for All: Privacy and User Control in the Age of Analytics. Northwestern Journal of Technology and Intellectual Property, 11(5):239-273.
- Turow, J., Hennessy, M., & Draper, N. A. (2015). The Tradeoff Fallacy - How Marketers Are Misrepresenting American Consumers and Opening Them up to Exploitation. University of Pennsylvania: Annenberg School for Communication.
- W3C. (2022). Publishing Open Government Data. Retrieved from https://www.w3.org/: https://www.w3.org/TR/gov-data/
- Warschauer, M. (2003). Technology and Social Inclusion : Rethinking the Digital Divide. London: The MIT Press.
- Wessels, B., Finn, R. L., Wadhwa, K., Sveinsdottir, T., Bigagli, L., Nativi, S., & Noorman, M. (2017). Open Data and the Knowledge. Amsterdam: Amsterdam University Press.
- Wikipedia. (2022). Data terbuka. Retrieved from Wikpedia Ensiklopedia Bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Data_terbuka
- Wikipedia. (2023, January 13). Edward Snowden. Retrieved from Wikipedia The Free Encyclopedia. https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Edward_Snowden&oldid=673506052.
- Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
- Zuboff, S. (2015). Big other_surveillance capitalism and the prospects of an information civilization. Journal of Information Technology, 30(1):75–89. DOI:https://doi.org/10.1057/jit.2015.5.
References
Annur, C. M. (2022, August 9). Frekuensi Responden Mengkakses Konten Cek Fakta (Juli 2022). Retrieved from Katadata Insight Center: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/28/survei-mayoritas-warga-ri-sering-akses-konten-cek-fakta
Annur, C. M. (2022, August 9). Tingkat Perlindungan Data Pribadi Masyarakat Indonesia (2021). Retrieved from Katadata Insight Center: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/09/pelindungan-data-pribadi-warga-ri-masih-tergolong-rendah%20
Bhatia, A. (2015-2016). Big Data Analytics. Mumbai: Mumbai University.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education An Introduction to Theory and Methods-FIFTH EDITION. Boston: Pearson Education, Inc.
Boyd, D., & Crawford, K. (2012). Critical Questions for Big Data: Provocations for a Cultural, Technological, and Scholarly Phenomenon. Information, Communication & Society, 15(5):662-679.
Castelfranchi, C. (2007). Comment. Six Critical Remarks on Science and the Construction of the Knowledge Society. Journal of Science Communication, SISSA – International School for Advanced Studies.
Catts, R., & Lau, J. (2008). Towards Information Literacy. Paris: UNESCO Institute for Statistics.
Christozov, D., & Toleva-Stoimenova, S. (2015). Big Data Literacy: A New Dimension of Digital Divide, Barriers in Learning via Exploring “Big Data”. Strategic Data-Based Wisdom in the Big Data Era (pp. 156-171). IGI Global publisher.
D’Ignazio, C., & Bhargava, R. (2015). Approaches to Building Big Data Literacy. New York City: Bloomberg Data for Good Exchange Conference.
Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif (Cet. Ke- 2). Malang: UMM Press.
ICO and Ofcom. (2019). Adtech: Market Research Report (2019). Information Commisioner's Office, Ofcom. https://www.ofcom.org.uk/__data/assets/pdf_file/0023/141683/ico-adtech-research.pdf.
Iinuma, M. (2016). Learning and Teaching with Technology in the Knowledge Society New Literacy, Collaboration and Digital Content. The Author(s):SpringerBriefs in Education.
Jones, R. H., & Hafner, C. A. (2012). Understanding Digital Literacies A practical introduction. New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Jones, R. H., & Hafner, C. A. (2021). Understanding Digital Literacies A Practical Introduction (Second edition). New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Jones-Kavalier, B. R., & Flannigan, S. L. (2006). Connecting the Digital Dots: Literacy of the 21st Century. Educause Quarterly, 29(2):8-10.
Katadata Insight Center. (2021). Status Literasi Digital di Indonesia 2021. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Lanning, S. (2014). Reference and Instructional Services for Information Literacy Skills in School Libraries-Third Edition. California: Libraries Unlimited An Imprint of ABC-CLIO, LLC.
Lee, S.-H. (2014). Digital Literacy Education for the Development of Digital Literacy. International Journal of Digital Literacy and Digital Competence, 5(3):29-43.
Letouzé, E. (2012). Big Data for Development:Challenges & Opportunities. New York: UN Global Pulse.
Miller, C., Coldicutt, R., & Kitcher, H. (2018). People, Power and Technology: The 2018 Digital Understanding Report. London: Doteveryone. http://understanding.doteveryone.org.uk/.
Rahmatullah, T. (2021). Teknologi Persuasif : Aktor Penting Media Sosial Dalam Mengubah Sikap dan Perilaku Pengguna. Jurnal Soshum Insentif, 4(1):60-78. DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v4i1.509.
Sander, I. (2020). What is critical big data literacy and how can it be implemented?. INTERNET POLICY REVIEW Journal on internet regulation, 9(2):1-22. DOI: 10.14763/2020.2.1479.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. Ke- 24). Bandung: Alfabeta.
Syaripudin, A., Ahmad, D., Ningrum, D. W., Banyumurti, I., & Magdalena, M. (2018). Kerangka Literasi Digital Indonesia. Jakarta: Siberkreasi.
Tene, O., & Polonetsky, J. (2013). Big Data for All: Privacy and User Control in the Age of Analytics. Northwestern Journal of Technology and Intellectual Property, 11(5):239-273.
Turow, J., Hennessy, M., & Draper, N. A. (2015). The Tradeoff Fallacy - How Marketers Are Misrepresenting American Consumers and Opening Them up to Exploitation. University of Pennsylvania: Annenberg School for Communication.
W3C. (2022). Publishing Open Government Data. Retrieved from https://www.w3.org/: https://www.w3.org/TR/gov-data/
Warschauer, M. (2003). Technology and Social Inclusion : Rethinking the Digital Divide. London: The MIT Press.
Wessels, B., Finn, R. L., Wadhwa, K., Sveinsdottir, T., Bigagli, L., Nativi, S., & Noorman, M. (2017). Open Data and the Knowledge. Amsterdam: Amsterdam University Press.
Wikipedia. (2022). Data terbuka. Retrieved from Wikpedia Ensiklopedia Bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Data_terbuka
Wikipedia. (2023, January 13). Edward Snowden. Retrieved from Wikipedia The Free Encyclopedia. https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Edward_Snowden&oldid=673506052.
Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zuboff, S. (2015). Big other_surveillance capitalism and the prospects of an information civilization. Journal of Information Technology, 30(1):75–89. DOI:https://doi.org/10.1057/jit.2015.5.