Main Article Content
Abstract
Literasi digital adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki individu termasuk anak-anak untuk mengakses, memahami, dan memanfaatkan teknologi secara bijak. Hal ini mendorong berbagai akademisi dan peneliti untuk melakukan kajian tentang literasi digital pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perkembangan publikasi penelitian tentang literasi digital anak, mengetahui arah tren penelitian literasi digital anak, mengidentifikasi keterkaitan antar konsep ilmiah, dan mengetahui jaringan berdasarkan kata kunci (co-occurrence) dan kolaborasi pengarang (co-authorship). Penelitian menggunakan metode analisis bibliometrik deskriptif, data yang digunakan diambil dalam rentang tahun 2014-2024. Data yang digunakan berasal dari basis data Scopus dengan kata kunci ‘literacy digital’ dan ‘children’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan penelitian literasi digital anak dalam 11 tahun terakhir mengalami fluktuatif. Perkembangan pertumbuhan publikasi tertinggi terjadi pada tahun 2022 yakni mencapai 39 artikel, sedangkan publikasi terendah terjadi pada tahun 2014 dengan jumlah publikasi sebanyak 4 artikel. Pemetaan perkembangan publikasi penelitian literasi digital anak berdasarkan penulis (co-authorship) menunjukkan bahwa terdapat lima peneliti yang berkorelasi atau memiliki hubungan satu sama lain. Sementara pemetaan perkembangan publikasi penelitian literasi digital anak berdasarkan kata kunci (co-occurrence) menunjukan bahwa kata kunci ‘digital literacy’ merupakan topik yang sudah banyak diteliti terlebih pada saat pandemi covid-19 yang melanda indonesia. Sedangkan kata kunci seperti ‘technology’, ‘parenting’, ‘information literacy’ merupakan topik yang masih jarang diteliti.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 UNILIB : Jurnal Perpustakaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Chen, C. (2003). Mapping Scientific: The Quest For Knowledge Visulization. SpringerVerlag.
- Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(1), 10–17. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.83
- Irwandi, P., Wirda, B., Rosandry, I., & Burhanuddin, B. (2024). Analisis Bibliometrik Dalam Trend Penelitian Kewirausahaan Pedesaan. Jurnal Ilmiah Sosio Agribisnis (JISA), 24(1), 17. https://doi.org/10.30742/jisa24120243749
- Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
- Natakusumah, E. K. (2014). Penentuan kolaborasi penelitian dan distribusi pengarang pada jurnal teknologi indonesia (The determinations of research collaboration and authors distribution in the Jurnal Teknologi Indonesia). Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 35(1), 15–24.
- Parwati, L., Fatimah, S., Jannah, M., & Mahmudah, U. (2021). Peran Keterlibatan Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Digital pada Anak Sekolah Dasar. SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 586–595.
- Perkasa, V. B. P., Erwina, W., & Kusnandar. (2022). Studi Bibliometrik dengan VOSviewer terhadap Publikasi Ilmiah mengenai Situs Astana Gede Kawali. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 665–673. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/439
- Russell, J.M., Rousseau, R. (2015). Bibliometrics and Institutional Evaluation.
- Shah, S. H. H., Lei, S., Ali, M., Doronin, D., & Hussain, S. T. (2019). Prosumption: bibliometric analysis using HistCite and VOSviewer. Kybernetes, 49(3), 1020–1045. https://doi.org/10.1108/K-12-2018-0696
- Sirait, E. Y., & Rakhmawati, N. A. (2024). Pendidikan Digital : Kunci Untuk Melindungi Anak Dari Penyalahgunaan Teknologi Dan Kejahatan Internet Di Indonesia (Issue June). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17046.36162
- Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420
- Tekdal, M. (2021). Trends and development in research on computational thinking. In Education and Information Technologies (Vol. 26, Issue 5). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10617-w
- Winoto, Y., Anwar, R. K., & Septian, F. I. (2024). Pariwisata Keagamaan di Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis dan Analisis Bibliometrik. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 29(1), 48. https://doi.org/10.30647/jip.v29i1.1745
- Zakariyya, F., Yustiana, Y. R., Akhlan, R. N. R., Juwitaningrum, I., Wulandari, A., Nurendah, G., & Wyandini, D. Z. (2022). Bibliometric Computational Mapping Analysis of Publications on Main and Brain Technology Using Vosviewer. Journal of Engineering Science and Technology, 17(2), 1135–1149
References
Chen, C. (2003). Mapping Scientific: The Quest For Knowledge Visulization. SpringerVerlag.
Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(1), 10–17. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.83
Irwandi, P., Wirda, B., Rosandry, I., & Burhanuddin, B. (2024). Analisis Bibliometrik Dalam Trend Penelitian Kewirausahaan Pedesaan. Jurnal Ilmiah Sosio Agribisnis (JISA), 24(1), 17. https://doi.org/10.30742/jisa24120243749
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
Natakusumah, E. K. (2014). Penentuan kolaborasi penelitian dan distribusi pengarang pada jurnal teknologi indonesia (The determinations of research collaboration and authors distribution in the Jurnal Teknologi Indonesia). Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 35(1), 15–24.
Parwati, L., Fatimah, S., Jannah, M., & Mahmudah, U. (2021). Peran Keterlibatan Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Digital pada Anak Sekolah Dasar. SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 586–595.
Perkasa, V. B. P., Erwina, W., & Kusnandar. (2022). Studi Bibliometrik dengan VOSviewer terhadap Publikasi Ilmiah mengenai Situs Astana Gede Kawali. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 665–673. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/439
Russell, J.M., Rousseau, R. (2015). Bibliometrics and Institutional Evaluation.
Shah, S. H. H., Lei, S., Ali, M., Doronin, D., & Hussain, S. T. (2019). Prosumption: bibliometric analysis using HistCite and VOSviewer. Kybernetes, 49(3), 1020–1045. https://doi.org/10.1108/K-12-2018-0696
Sirait, E. Y., & Rakhmawati, N. A. (2024). Pendidikan Digital : Kunci Untuk Melindungi Anak Dari Penyalahgunaan Teknologi Dan Kejahatan Internet Di Indonesia (Issue June). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17046.36162
Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420
Tekdal, M. (2021). Trends and development in research on computational thinking. In Education and Information Technologies (Vol. 26, Issue 5). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10617-w
Winoto, Y., Anwar, R. K., & Septian, F. I. (2024). Pariwisata Keagamaan di Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis dan Analisis Bibliometrik. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 29(1), 48. https://doi.org/10.30647/jip.v29i1.1745
Zakariyya, F., Yustiana, Y. R., Akhlan, R. N. R., Juwitaningrum, I., Wulandari, A., Nurendah, G., & Wyandini, D. Z. (2022). Bibliometric Computational Mapping Analysis of Publications on Main and Brain Technology Using Vosviewer. Journal of Engineering Science and Technology, 17(2), 1135–1149