Main Article Content

Abstract

Literasi digital adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki individu termasuk anak-anak untuk mengakses, memahami, dan memanfaatkan teknologi secara bijak. Hal ini mendorong berbagai akademisi dan peneliti untuk melakukan kajian tentang literasi digital pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perkembangan publikasi penelitian tentang literasi digital anak, mengetahui arah tren penelitian literasi digital anak, mengidentifikasi keterkaitan antar konsep ilmiah, dan mengetahui jaringan berdasarkan kata kunci (co-occurrence) dan kolaborasi pengarang (co-authorship). Penelitian menggunakan metode analisis bibliometrik deskriptif, data yang digunakan diambil dalam rentang tahun 2014-2024. Data yang digunakan berasal dari basis data Scopus dengan kata kunci ‘literacy digital’ dan ‘children’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan penelitian literasi digital anak dalam 11 tahun terakhir mengalami fluktuatif. Perkembangan pertumbuhan publikasi tertinggi terjadi pada tahun 2022 yakni mencapai 39 artikel, sedangkan publikasi terendah terjadi pada tahun 2014 dengan jumlah publikasi sebanyak 4 artikel.  Pemetaan perkembangan publikasi penelitian literasi digital anak berdasarkan penulis (co-authorship) menunjukkan bahwa terdapat lima peneliti yang berkorelasi atau memiliki hubungan satu sama lain. Sementara pemetaan perkembangan publikasi penelitian literasi digital anak berdasarkan kata kunci (co-occurrence) menunjukan bahwa kata kunci ‘digital literacy’ merupakan topik yang sudah banyak diteliti terlebih pada saat pandemi covid-19 yang melanda indonesia.  Sedangkan kata kunci seperti ‘technology’, ‘parenting’, ‘information literacy’ merupakan topik yang masih jarang diteliti.

Keywords

Literasi digital Anak Bibliometrik Vosviewer

Article Details

References

Read More