Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara perpustakaan menyediakan layanan informasi, termasuk melalui penerapan sistem Online Public Access Catalog (OPAC) sebagai sarana pencarian koleksi secara digital. Namun, Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung masih menggunakan versi lama dan belum menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan teknologi informasi pada sistem Online Public Access Catalog (OPAC) dengan menggunakan teori difusi inovasi dari Everett M. Rogers (1995) sebagai kerangka analisis. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pustakawan serta enam pemustaka terpilih dari total 28 pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan OPAC relatif telah dirasakan pengguna dalam efisiensi pencarian informasi, namun masih terdapat keterbatasan pada aspek compatibility, complexity, dan observability karena minimnya fitur visual yang interaktif. Selain itu, belum tersedia mekanisme uji coba sistem dan tenaga teknis yang kompeten. Disimpulkan bahwa pengembangan OPAC memerlukan pembaruan berbasis teknologi modern, peningkatan kompetensi pustakawan, serta penyediaan tim teknis agar sistem dapat berfungsi optimal dan relevan dengan kebutuhan pengguna di era digital.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 UNILIB : Jurnal Perpustakaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abdi. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori & Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif) (Issue May 2024).
- Chinvia, P., Johny, tampi r e, & Aneke, punuindoong y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Best
- Western The Lagoon Manado. Productivity, 2(1), 1–5. Https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&c
- ad=rja&uact=8&ved=0CAIQw7AJahcKEwiQ_vHEzpX_AhUAAAAAHQAAAAAQAw&url=https%3A%2F%2Fejournal.unsrat.ac.id%2Findex.php%2Fproductivity%2Farticle%2Fview%2F32048%2F30432&psig=AOvVaW1xkUXALP_1dJkx9pGD
- Elia, A., & Dkk. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif.
- Hanany, L. N. H. (2018). Pemanfaatan Layanan Smart OPAC di perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. UPT Perpustakaan
- UIN Bandung, 7(2), 31–48.
- Hanany, L. N. H. (2022). Analisis Koleksi Perpustakaan Berdasarkan Standar Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi kasus di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 263.
- https://doi.org/10.29240/tik.v6i2.5015
- Holland, M. (2017). The change agent. In Achieving Cultural Change in Networked Libraries. Https://doi.org/10.4324/97813152634
- -16
- Indonesia, K. A. R. (2023). Perguruan Tinggi Negeri. Https://kemenag.go.id/unit/perguruan-tinggi
- Junaedy, A., Huraerah, A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2021). TERHADAP PENDIDIKAN INDONESIA pendahuluan. Jurnal Penelitian Dan
- Kajian Sosial Keagamaan, 18, 133–146.
- Nurcahyani Kusumastuti, D. (2022). pengembangan Sistem Online Public Access Catalogue (Opac) Semarang Berbasis Digital One Stop Integrated Service. Warta Perpustakaan Undip Edisi Oktober, 2022.
- Pratama, A., Wulandari, S. Z., & Indyastuti, D. L. (2022). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Pada penggunaan Aplikasi PLN Daily (Studi Empiris Pada Pegawai PLN UP3 Tegal). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 355–368.
- https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.235
- Pustakawan, T., & Pelayanan, M. (2022). Strategi dan Tantangan Pustakawan dalam Meningkatkan Pelayanan di Perpustakaan Masjid Librarians ’Strategies and Challenges in Improving Services in Mosque Libbraries Nasrullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Jalan H . M . Yasin Limpo No . 36 G. 70–81.
- Septriana, W., & Manita, R. J. (2022). Analisis Pemanfaatan Online Public Access Catalog ( OPAC ) Sebagai Alat. 1(2), 58–67.
- Sukatno, M. I. K. (2020). Analisis Kebermanfaatan Karakteristik Inovasi Proses E-Procurement (Studi Pada Rumah Sakit Jiwa Ghrasia). ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 6(2). Https://doi.org/10.22146/abis.v6i2.59116
- Suryadilaga Deady, S. A. (2023). Implementasi Elemen Difusi Inovasi Rogers Dalam Sosialisasi Litarasi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pasuruan. Jurnal Mahasiswa, 1(2), 145–160
- Susilo, A., & Satinem, Y. (2024). ANALISIS PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER LITERASI GENERASI Z. 03(02).
References
Abdi. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori & Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif) (Issue May 2024).
Chinvia, P., Johny, tampi r e, & Aneke, punuindoong y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Best
Western The Lagoon Manado. Productivity, 2(1), 1–5. Https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&c
ad=rja&uact=8&ved=0CAIQw7AJahcKEwiQ_vHEzpX_AhUAAAAAHQAAAAAQAw&url=https%3A%2F%2Fejournal.unsrat.ac.id%2Findex.php%2Fproductivity%2Farticle%2Fview%2F32048%2F30432&psig=AOvVaW1xkUXALP_1dJkx9pGD
Elia, A., & Dkk. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif.
Hanany, L. N. H. (2018). Pemanfaatan Layanan Smart OPAC di perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. UPT Perpustakaan
UIN Bandung, 7(2), 31–48.
Hanany, L. N. H. (2022). Analisis Koleksi Perpustakaan Berdasarkan Standar Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi kasus di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 263.
https://doi.org/10.29240/tik.v6i2.5015
Holland, M. (2017). The change agent. In Achieving Cultural Change in Networked Libraries. Https://doi.org/10.4324/97813152634
-16
Indonesia, K. A. R. (2023). Perguruan Tinggi Negeri. Https://kemenag.go.id/unit/perguruan-tinggi
Junaedy, A., Huraerah, A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2021). TERHADAP PENDIDIKAN INDONESIA pendahuluan. Jurnal Penelitian Dan
Kajian Sosial Keagamaan, 18, 133–146.
Nurcahyani Kusumastuti, D. (2022). pengembangan Sistem Online Public Access Catalogue (Opac) Semarang Berbasis Digital One Stop Integrated Service. Warta Perpustakaan Undip Edisi Oktober, 2022.
Pratama, A., Wulandari, S. Z., & Indyastuti, D. L. (2022). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Pada penggunaan Aplikasi PLN Daily (Studi Empiris Pada Pegawai PLN UP3 Tegal). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 355–368.
https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.235
Pustakawan, T., & Pelayanan, M. (2022). Strategi dan Tantangan Pustakawan dalam Meningkatkan Pelayanan di Perpustakaan Masjid Librarians ’Strategies and Challenges in Improving Services in Mosque Libbraries Nasrullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Jalan H . M . Yasin Limpo No . 36 G. 70–81.
Septriana, W., & Manita, R. J. (2022). Analisis Pemanfaatan Online Public Access Catalog ( OPAC ) Sebagai Alat. 1(2), 58–67.
Sukatno, M. I. K. (2020). Analisis Kebermanfaatan Karakteristik Inovasi Proses E-Procurement (Studi Pada Rumah Sakit Jiwa Ghrasia). ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 6(2). Https://doi.org/10.22146/abis.v6i2.59116
Suryadilaga Deady, S. A. (2023). Implementasi Elemen Difusi Inovasi Rogers Dalam Sosialisasi Litarasi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pasuruan. Jurnal Mahasiswa, 1(2), 145–160
Susilo, A., & Satinem, Y. (2024). ANALISIS PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER LITERASI GENERASI Z. 03(02).