"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Pengaruh Pelatihan Membangun Relasi terhadap Peningkatan Kinerja Tim Karyawan Bpr X Yogyakarta | Zipi | JIP : Jurnal Intervensi Psikologi

Pengaruh Pelatihan Membangun Relasi terhadap Peningkatan Kinerja Tim Karyawan Bpr X Yogyakarta

Nidya Pratiwi Zipi, Fathul Himam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan membangun relasi terhadap peningkatan kinerja tim. Subjek penelitian ini adalah 44 orang karyawan BPR X Yogyakarta Divisi Pemasaran yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu22 karyawan sebagai kelompok eksperimen dan 22 karyawan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kinerja tim, wawancara dan observasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis varian (anava) menguji pengaruh pelatihan relationship building terhadap peningkatan kinerja tim. Analisis kualitatif dilakukan berdasarkan observasi dan wawancara. Hasil penelitian yaitu pada prates dan pascates kinerja tim menunjukkan adanya peningkatan setelah diberikan pelatihan relationship building dengan nilai F = 33,901, p<0,01. Kesimpulan penelitian ini adalah pelatihan relationship building dapat meningkatkan kinerja tim karyawan PT BPR X Yogyakarta.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss1.art3


Contact

Program Magister Profesi Psikologi

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu UII

Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584

Telp. (0274) 896146 psw 2106, 2660; fax. (0274) 896147

Email: jip@uii.ac.id

 

 

JIP : Jurnal Intervensi Psikologi
Published by: 
Master of Profesi Psychology, Faculty Psychology and Social Humanity, Islamic University of Indonesia

Creative Commons License
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) at http://journal.uii.ac.id/index.php/Intervensipsikologi/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Visits