Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelatihan Program Menciptakan Kelas Bersahabat terhadap peningkatan kemampuan pengelolaan kelas dan kompetensi guru dalam membangun kelas yang aman dan nyaman, serta pengaruh penerapan program tersebut terhadap penurunan agresivitas dan peningkatan prososial pada siswa Taman Kanak-Kanak (TK). Program “Menciptakan Kelas Bersahabat” merupakan upaya pencegahan bullying yang diadaptasi dari The Anti Bullying and Teasing Program for Preschool Classroom. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di dua TK di Sleman. Penelitian menggunakan desain eksperimen kuasi untreated control group with pre-test and post-test. Kondisi pre dan post guru diukur menggunakan skala pengelolaan kelas, panduan observasi pengelolaan kelas, panduan observasi performa guru, skala pengetahuan dan pemahaman guru, serta checklist adherence. Sedangkan dalam pengukuran terhadap siswa digunakan panduan observasi perilaku agresif dan panduan observasi perilaku pro-sosial. Sebelum program dimulai, guru pada kelompok eksperimen diberi pelatihan mengenai konsep dan prosedur penerapan program untuk kemudian diterapkan pada para siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola kelas dan kompetensi guru dalam membangun kelas yang aman dan nyaman meningkat setelah pelatihan. Selanjutnya, penerapan program oleh guru dapat menurunkan agresivitas siswa dan meningkatkan prososial siswa.

Article Details

How to Cite
Kumara, A., Sari, B. N., Febriyanti, D. A., & Sari, H. I. P. (2012). Program “Menciptakan Kelas Bersahabat” dan Pengelolaan Kelas. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 4(2), 191–209. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol4.iss2.art4