Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid 19

Suharti Suharti(1*)
(1) Universitas Islam Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract

Wabah pandemi Covid 19 yang melanda sebagian besar negara telah merubah semua kebiasaan dan tatanan kehidupan di masyarakat termasuk Indonesia. Baik dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan maupun bidang yang lainnya. Untuk memutus rantai penularan, pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan agar orang beraktivitas di rumah, pembatasan sosial skala besar maupun kecil. Dalam dunia pendidikan, hal ini mengakibatkan perubahan pada cara pembelajaran yang dilakukan secara online/daring. Perpustakaan sebagai unit penunjang dalam dunia pendidikan  harus menyediakan sumber informasi elektronik bagi kebutuhan pemustaka yang beraktivitas dari rumah secara online. Selain itu, layanan perpustakaan yang semula dilakukan secara langsung, diubah menjadi layanan online untuk memperlancar dan memberikan kemudahan bagi pemustaka dan pustakawan. Pustakawan dituntut kreatifitasnya untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam memberikan layanan online kepada pemustaka.

References


http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=410 Dasar Penelusuran online diakses 9 Oktober 2020 pukul 15.47 wib.

Rahayu, Lisda, dkk. Dasar-dasar Layanan Perpustakaan Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014

Saleh, Abdul Rahman. Materi Pokok pengembangan perpustakaan digital. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014

Reitz, Joan M. 2013. Online Dictionary for Library and Information Science (ODLIS), dalam http://www.abc-clio.com/ODLIS/odlis_o.aspx

Sutedjo, Mansur. 2015. Pengelolaan Repositori Perguruan Tinggi dan Pengembangan Repositori Karya Seni. Makalah disampaikan pada “Seminar Nasional Digital Local Content: Strategi Membangun Repository Karya Seni,” di GKU FSR ISI Yogyakarta, 21 Mei 2014


Article Statistic

Abstract view : 2013 times
PDF views : 8381 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.