Main Article Content

Abstract

Virus  covid-19 yang bersalah dari kota Wuhan saat ini telah menjadi pandemi di Indonesia. Kebijakan pemerintah Indonesia yang diterapkan dalam waktu singkat adalah lockdown atau karantina kewilayahan untuk meminimalisir penyebarannya. Dampak penerapan kebijakan sangat dirasakan dalam kehidupan bermasyarakat saat ini terutama sektor pendidikan. Sistem belajar mengajar yang awalnya bertatap muka dalam sebuah ruangan kelas atau pertemuan menjadi pertemuan jarak jauh atau daring dengan menggunakan media elektronik. Literasi digital  saat pandemi telah menjadi kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun, proses adaptasi ke online learning juga sangat sulit untuk beberapa masyarakat. Secara bertahap tenaga pendidik maupun pelajar dapat menyesuaikan dengan kebiasaan baru ini dan dapat merasakan manfaatnya dan kemudahan dalam penggunaan media digital ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskrtiptif yaitu memaparkan mengenai manfaat literasi digital di masa pandemi covid-19 berdasarkan fenomena yang terjadi. Sepuluh manfaat literasi digital yang dapat dirasakan yaitu menghemat waktu, belajar lebih cepat, menghemat uang, membuat lebih aman, selalu memperoleh informasi terkini, selalu terhubung, membuat keputusan lebih baik, dapat membuat anda bekerja, membuat lebih bahagia, dan mempengaruhi dunia.

Article Details

Author Biographies

Eti Sumiati, IPDN Jatinangor Kabupaten Sumedang

Perpustakaan

Wijonarko Wijonarko, IPDN Jatinangor

Perpustakaan
How to Cite
Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan, 3(2), 65–80. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799

References

Read More