Main Article Content

Abstract

Salah satu faktor pendukung keberhasilan kinerja pustakawan adalah kemampuan pustakawan itu sendiri dalam proses pengelolaan perpustakaan. Kemampuan seorang pustakawan didapatkan melalui penguasaan ilmu dan pengetahuan berkenaan dengan perpustakaan. Dengan kata lain, hard skill merupakan kemampuan yang utama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pustakawan Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa di perpustakaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri sebanyak 87,27% pustakawan memiliki latar belakang pendidikan di luar bidang ilmu perpustakaan dan hanya 12,73% pustakawan yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana ilmu perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan para pustakawan di perpustakaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri menempuh beberapa cara untuk menjadi pustakawan yang profesional, yaitu melalui pendidikan formal ilmu perpustakaan, diklat calon pustakawan tenaga ahli, serta penyesuaian jabatan atau inpassing. Maka, dapat disimpulkan bahwa adanya kesesuaian hard skill yang dimiliki pustakawan di lingkungan perpustakaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri dengan bidang pekerjaannya.

Keywords

hard skill pustakawan

Article Details

Author Biography

Eti Sumiati, IPDN Jatinangor

Perpustakaan
How to Cite
Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2022). PENGUASAAN HARD SKILL PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN INSTITUT PEMERINTAH DALAM NEGERI. Buletin Perpustakaan, 5(1), 15–34. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/22851

References

Read More