Main Article Content

Abstract

Salah satu faktor pendukung keberhasilan kinerja pustakawan adalah kemampuan pustakawan itu sendiri dalam proses pengelolaan perpustakaan. Kemampuan seorang pustakawan didapatkan melalui penguasaan ilmu dan pengetahuan berkenaan dengan perpustakaan. Dengan kata lain, hard skill merupakan kemampuan yang utama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pustakawan Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa di perpustakaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri sebanyak 87,27% pustakawan memiliki latar belakang pendidikan di luar bidang ilmu perpustakaan dan hanya 12,73% pustakawan yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana ilmu perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan para pustakawan di perpustakaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri menempuh beberapa cara untuk menjadi pustakawan yang profesional, yaitu melalui pendidikan formal ilmu perpustakaan, diklat calon pustakawan tenaga ahli, serta penyesuaian jabatan atau inpassing. Maka, dapat disimpulkan bahwa adanya kesesuaian hard skill yang dimiliki pustakawan di lingkungan perpustakaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri dengan bidang pekerjaannya.

Keywords

hard skill pustakawan

Article Details

Author Biography

Eti Sumiati, IPDN Jatinangor

Perpustakaan
How to Cite
Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2022). PENGUASAAN HARD SKILL PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN INSTITUT PEMERINTAH DALAM NEGERI. Buletin Perpustakaan, 5(1), 15–34. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/22851

References

  1. Astutik, W. S., & Pambudi, M. A. Y. (2019). PeninAstutik, W. S., & Pambudi, M. A. Y. (2019). Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Hard Skill, Soft Skill Dan Pengalaman Kerja Pada Pt. Erajaya (Erafone) Di Malang Tahun 2019. Media Bina Ilmiah, 14(4), 2399. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.350gkatan. Media Bina Ilmiah, 14(4), 2399. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.350
  2. Ayura, D. P. (2013). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pendidikan Berkelanjutan, Komitmen Organisasi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP). Jurnal Akuntansi, 2013 - Ejournal.Unp.Ac.Id, September. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/690
  3. Fadilah, A. (2013). Pengaruh Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja (Studi Pada Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(5), 847–852. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/144
  4. Fatmawati, E. (2018). Pustakawan Inpassing. XXV(1), 47–50.
  5. Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revision). PT. Bumi Aksara.
  6. Islami, F. A. (2012). Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, dan Motivasi Terhadap KInerja Tenaga Penjual [UNiversiats DIpenogoro]. http://eprints.undip.ac.id/35849/1/SKRIPSI_ISLAMI.pdf
  7. Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  8. Nadhifah, K. (2019). Kompetensi Pustakawan: Program Strategi Peningkatan Kualitas Pustakawan di Universitas Jember. Prosiding Seminar Nasional Universitas Airlangga “Ekologi Digital: Refleksi dan Tren Perpustakaan”, hlm. 36-43.
  9. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional melalui Penyesuaian / Inpassing. Jakarta.
  10. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Jakarta.
  11. Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Mustofa, R. L. (2018). Soft Skill dan Hard Skill – Dimensi IT. Unnes. http://blog.unnes.ac.id/refolm/2018/05/29/soft-skill-dan-hard-skill/
  13. Pentana, S., & Ardiani, W. (2016). Dampak Latar Belakang Pendidikan, Pelatihan Dan Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 3(5), 3. https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/67
  14. Perpurnas RI. (2016). Kompetensi Tenaga Pengajar Mengapresiasi Sikap Profesionalisme pada Diklat Kepustakawanan. In 3 (p. 14). https://pusdiklat.perpusnas.go.id/public/media/magazine/2019/10/18/2019_10_18-06_01_11_627ccaa44befb992c76d55ae706d77a8.pdf
  15. Perpustakaan Nasional RI. (2017). Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional Pustakawan Melalui Penyesuaian / Inpassing. https://www.perpusnas.go.id/law-detail.php?lang=id&id=170921122121XHOka83j59.
  16. Perpustakaan Nasional RI. (2019). Peraturan Perpustakaan Nasional RI Nomor 3 Tahun 2019. https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/PERKA_Nomor_3_Tahun_2019_Tentang_Tata_Cara_Pengangkatan_Pegawai_Negeri_Sipil_Dalam_Jabatan_Fungsional_Pustakawan_Melalui_Penyesuaian_Inpassing.pdf
  17. Ramlan, M. (2019). Akuntabilitas Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Fungsional Kepustakawanan: Tinjauan Data Alumnus Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli (CPTA) Tahun 2011 S.D. Tahun 2019. Madika Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), hlm. 46-53. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/719/711.
  18. Rusmana, A. (2009). Manajemen Sumber Daya Perpustakaan. Disampaikan dalam Pelatihan Manajemen Kepemimpinan.
  19. Rotmianto, M. (2015). Konsep Hard Skill, Soft Skill, dan Spiritual Skill Pustakawan Menghadapi Era Library 3.0. Pustakaloka, 7(1), hlm. 79-92.
  20. Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
  21. Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar.
  22. Yuniwati. (2014). Ayo Jadi Pustakawan. Jurnal Libraria, 2(1), 2. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1186
  23. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualittaif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.