Main Article Content

Abstract

Hubungan masyarakat dengan Perpustakaan meliputi kegiatan yang berkelanjutan agar perpustakaan memiliki citra publik yang kuat. Membahas aktivitas hubungan masyarakat yang berkaitan dengan peran pustakawan di perpustakaan akademik. Membahas peran pustakawan sebagai petugas humas perpustakaannya dalam memenuhi tujuan perpustakaan dan institusi. Hubungan masyarakat yang baik dapat secara substansial mempercepat siklus pengembangan perpustakaan, meningkatkan kesadaran pengguna dan membantu mendorong pertumbuhan yang cepat. Memanfaatkan kekuatan ini bisa menjadi dorongan besar - jika dilakukan dengan tujuan yang jelas oleh pustakawan referensi seperti yang dibahas dalam karya ini. Pentingnya hubungan masyarakat dalam perpustakaan akademik serta metode hubungan masyarakat juga dibahas dalam karya ini. Diskusi ini menyoroti fungsi petugas humas dalam kaitannya dengan fungsi pustakawan dan pengaruh variabel profesional pustakawan pada kinerja pekerjaannya yang akan mempengaruhi perpustakaan secara positif dan menciptakan citra yang baik untuk Perpustakaan.

Keywords

Hubungan Masyarakat Perpustakaan Akademik Pustakawan

Article Details

How to Cite
Santosa, J. (2021). Peran Pustakawan Dalam kegiatan Hubungan Masyarakat di Perpustakaan. Buletin Perpustakaan, 4(1), 15–34. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/19139

References

  1. Yulianita. Neny, 2005. Dasar-dasar Public Relations. Pusat Penerbitan Universitas Bandung
  2. Nasution, Zulkarnain, 2006. Manajemen HUMAS di lembaga pendidikan : konsep, fenomena dan aplikasinya. Penerbit UM Press, Malang
  3. Mulyana, Dedy, 2000. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Penerbit PT Remaja Rosdakarya
  4. Pendit, Putu Laxman. (2007). Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: CV Sagung Seto.
  5. Qolyubi, Syihabuddin., dkk. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Ed: Tri Septiyantono dan Umar Sidik. Yogyakarta: Jurusan IPI Fakultas Adab dan Ilmu Budaya IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  6. Sulistyo-Basuki. (1991) Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia.
  7. Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Profesional. Jakarta: CV. Sagung Seto.