Main Article Content

Abstract

Perpustakaan akademik sedang mengalami transformasi signifikan dari fungsi tradisional sebagai penyimpan koleksi menjadi ekosistem pengetahuan digital yang mendukung pembelajaran, penelitian, dan kolaborasi. Penelitian ini penting untuk memetakan perubahan layanan, peran pustakawan, serta tantangan dan peluang yang muncul seiring adopsi teknologi digital dan kecerdasan buatan (AI). Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dan analisis konseptual; pengumpulan data dilakukan melalui telaah literatur mutakhir, kajian dokumen kebijakan, dan observasi praktik layanan perpustakaan (portal, katalog daring, ruang kolaboratif). Analisis data dilaksanakan secara kualitatif dengan pendekatan tematik, melakukan coding manual terhadap temuan utama dan menyintesiskan pola transformasi layanan. Hasil kajian menunjukkan perpindahan koleksi fisik ke ekosistem digital, perluasan layanan berbasis AI (chatbot, asisten riset, personalisasi layanan), dan pergeseran peran pustakawan menjadi kurator digital, fasilitator literasi informasi, dan mitra riset. Kendala utama meliputi kesenjangan literasi digital, keterbatasan anggaran, dan kebutuhan peningkatan kapasitas SDM. Kesimpulannya, perpustakaan akademik perlu mengembangkan strategi hibrida (fisik–digital), investasi pelatihan pustakawan, serta kebijakan koleksi yang mengintegrasikan nilai institusi dan akses digital. Saran disertakan untuk riset lanjutan kuantitatif dan evaluasi implementasi AI.

Keywords

transformasi digital perpustakaan pustakawan kecerdasan buatan layanan perpustakaan literasi informasi

Article Details

Author Biography

Joko Santosa, Universitas Islam Indonesia

Pustakawan, Direktorat Perpustakaan

How to Cite
Santosa, J. (2025). Transformasi Perpustakaan Akademik di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Buletin Perpustakaan, 8(2), 201–210. https://doi.org/10.20885/bpuii.v8i2.40822

References

  1. AD, S. (2024). Digitasi Koleksi untuk Mempermudah Akses Informasi di Direktorat Perpustakaan UII. Buletin Perpustakaan, 7(1), 123–137. https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i1.34495
  2. Cervone, F., & Brown, D. (2001). Transforming Library Services to Support Distance Learning: Strategies Used by the DePaul University Libraries. College & Research Libraries News, 62(2), 147–153. https://doi.org/10.5860/crln.62.2.147
  3. Fahrizandi, F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 63. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160
  4. Nafilah, E., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & Saefudin, E. (2021). Inovasi Pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyyah Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(1), 33–44. https://doi.org/10.24952/ktb.v3i1.3062
  5. Pendit, P. L. (2009). Perpustakaan Digital: Kesinambungan dan Dinamika. Cita Karya Mandiri.
  6. Rahayuningsih, F. (2016). Menuju Layanan Prima Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. Info Persada, 14(1), 14–20. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/Info_Persadha/article/view/114
  7. Rifqi, Ach. N. (2021). Implementasi Literasi Informasi dan Peran Perpustakaan dalam Sistem Pembelajaran di Pesantren Era Masyarakat Informasi. LibTech: Library and Information Science Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/libtech.v2i1.15955
  8. Tsang, A. L. Y., & Chiu, D. K. W. (2022). Effectiveness of Virtual Reference Services in Academic Libraries: A Qualitative Study Based on the 5E Learning Model. Journal of Academic Librarianship, 48(4), 102533. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102533
  9. Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi di Era Digital dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 61–82. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15194
  10. Utomo, T. P., & Asaniyah, N. (2025). Desain Model Knowledge Brokering di Perpustakaan Akademik: Sintesis Praktik Perpustakaan UII dan Kajian Pustaka. In M. H. Nisa & A. R. Rayhan (Eds.), Prosiding Seminar Nasional dan Munas FPPTMA 2025 (pp. 171–184). Muhammadiyah University Press. https://eprints.ums.ac.id/138754/2/e-Book_Prosiding%20Semnas%20dan%20Munas%20FPPTMA%202025_27%20artikel-fixed.pdf#page=180
  11. Wandara, W. Z., Raudhoh, R., & Wahyuni, S. A. (2022). Peranan Desain Interior dalam Meningkatkan Kenyamanan Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi [Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi]. http://repository.uinjambi.ac.id/13586/