Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas implementasi Literasi Digital Berbasis Quick Response Code (QR Code) dalam Program Pelayanan Prima Perpustakaan Dalam Kegiatan Literasi (P3KL) di SMP Tunas Agro, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Literasi dan literasi digital dianggap krusial dalam pembentukan pola pikir akademis individu di era digital. Program Gerakan Literasi Sekolah menjadi inisiatif penting untuk meningkatkan literasi di lingkungan sekolah melalui partisipasi aktif semua elemen warga sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian melibatkan siswa, guru, dan staf perpustakaan di SMP Tunas Agro. Instrumen penelitian meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Literasi Digital Berbasis QR Code secara signifikan meningkatkan literasi digital siswa. Program ini melibatkan sosialisasi, pelatihan penggunaan aplikasi QR Code, dan penyebaran informasi melalui media sosial. Sosialisasi program dilakukan kepada seluruh anggota warga sekolah, terutama Sahabat Perpustakaan Cendekia. Pelatihan dilakukan oleh tim perpustakaan dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Penyebaran informasi dilakukan melalui media WhatsApp dan berbagai situs berita online. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa terhadap literasi digital. Kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa program P3KL berbasis QR Code efektif meningkatkan literasi digital siswa. Beberapa saran diberikan, seperti menjaga kontinuitas program, mengembangkan materi, memperkuat pelatihan, mendorong kolaborasi aktif, dan melakukan evaluasi periodik.
Keywords
Article Details
References
- Agrini, M., & Tri Agustin, F. (2022). Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 145–157. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22867
- Andarningtyas, N., & Suryanto. (2017, January 31). Pakar: literasi media penting untuk masyarakat digital. ANTARA NEWS. https://www.antaranews.com/berita/609906/pakar-literasi-media-penting-untuk-masyarakat-digital
- Asaniyah, N., & Utomo, T. P. (2023). Diseminasi Informasi Perpustakaan Melalui Library Lite di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 6(1), 103–137. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/bpuii.v6i1.28979
- Chabibie, H. (2017, February 1). Literasi Digital Sebagai Tulang Punggung Pendidikan. Pusdatin Kemendikbud RI. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/literasi-digital-sebagai-tulang-punggung-pendidikan/
- duta.co. (2016, December 21). Menginspirasi Pendidikan dengan Literasi Digital. Duta.Co. https://duta.co/menginspirasi-pendidikan-dengan-literasi-digital
- Hasanah, U. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar: Vol. Cetakan 1. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id
- Kurniawan, G. (2016, June 5). Literasi Digital Anak Membutuhkan Sinergi Banyak Pihak. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/776896/literasi-digital-anak-membutuhkan-sinergi-banyak-pihak#
- Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
- Rahayuningsih, F. (2016). Menuju Layanan Prima Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. Info Persada, 14(1), 14–20. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/Info_Persadha/article/view/114
- Tiwari, S. (2016). An Introduction to QR Code Technology. 2016 International Conference on Information Technology (ICIT), 39–44. https://doi.org/10.1109/ICIT.2016.021
- Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi di Era Digital dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 61–82. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15194
References
Agrini, M., & Tri Agustin, F. (2022). Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 145–157. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22867
Andarningtyas, N., & Suryanto. (2017, January 31). Pakar: literasi media penting untuk masyarakat digital. ANTARA NEWS. https://www.antaranews.com/berita/609906/pakar-literasi-media-penting-untuk-masyarakat-digital
Asaniyah, N., & Utomo, T. P. (2023). Diseminasi Informasi Perpustakaan Melalui Library Lite di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 6(1), 103–137. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/bpuii.v6i1.28979
Chabibie, H. (2017, February 1). Literasi Digital Sebagai Tulang Punggung Pendidikan. Pusdatin Kemendikbud RI. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/literasi-digital-sebagai-tulang-punggung-pendidikan/
duta.co. (2016, December 21). Menginspirasi Pendidikan dengan Literasi Digital. Duta.Co. https://duta.co/menginspirasi-pendidikan-dengan-literasi-digital
Hasanah, U. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar: Vol. Cetakan 1. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id
Kurniawan, G. (2016, June 5). Literasi Digital Anak Membutuhkan Sinergi Banyak Pihak. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/776896/literasi-digital-anak-membutuhkan-sinergi-banyak-pihak#
Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Rahayuningsih, F. (2016). Menuju Layanan Prima Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. Info Persada, 14(1), 14–20. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/Info_Persadha/article/view/114
Tiwari, S. (2016). An Introduction to QR Code Technology. 2016 International Conference on Information Technology (ICIT), 39–44. https://doi.org/10.1109/ICIT.2016.021
Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi di Era Digital dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 61–82. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15194