Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi Literasi Digital Berbasis Quick Response Code (QR Code) dalam Program Pelayanan Prima Perpustakaan Dalam Kegiatan Literasi (P3KL) di SMP Tunas Agro, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Literasi dan literasi digital dianggap krusial dalam pembentukan pola pikir akademis individu di era digital. Program Gerakan Literasi Sekolah menjadi inisiatif penting untuk meningkatkan literasi di lingkungan sekolah melalui partisipasi aktif semua elemen warga sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian melibatkan siswa, guru, dan staf perpustakaan di SMP Tunas Agro. Instrumen penelitian meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Literasi Digital Berbasis QR Code secara signifikan meningkatkan literasi digital siswa. Program ini melibatkan sosialisasi, pelatihan penggunaan aplikasi QR Code, dan penyebaran informasi melalui media sosial. Sosialisasi program dilakukan kepada seluruh anggota warga sekolah, terutama Sahabat Perpustakaan Cendekia. Pelatihan dilakukan oleh tim perpustakaan dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Penyebaran informasi dilakukan melalui media WhatsApp dan berbagai situs berita online. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa terhadap literasi digital. Kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa program P3KL berbasis QR Code efektif meningkatkan literasi digital siswa. Beberapa saran diberikan, seperti menjaga kontinuitas program, mengembangkan materi, memperkuat pelatihan, mendorong kolaborasi aktif, dan melakukan evaluasi periodik.

Keywords

Literasi Digital QR Code Pelayanan Prima Perpustakaan Gerakan Literasi Sekolah Era Digital

Article Details

Author Biography

Nopiar Rahman, Agro Harapan Foundation

Pengelola Perpustakaan SMP Tunas Agro

How to Cite
Rahman, N. (2023). Pelayanan Prima Perpustakaan dalam Kegiatan Literasi (P3KL) melalui Literasi Digital Berbasis Quick Response Code di SMP Tunas Agro Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah. Buletin Perpustakaan, 6(2), 297–313. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31173

References

  1. Agrini, M., & Tri Agustin, F. (2022). Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 145–157. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22867
  2. Andarningtyas, N., & Suryanto. (2017, January 31). Pakar: literasi media penting untuk masyarakat digital. ANTARA NEWS. https://www.antaranews.com/berita/609906/pakar-literasi-media-penting-untuk-masyarakat-digital
  3. Asaniyah, N., & Utomo, T. P. (2023). Diseminasi Informasi Perpustakaan Melalui Library Lite di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 6(1), 103–137. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/bpuii.v6i1.28979
  4. Chabibie, H. (2017, February 1). Literasi Digital Sebagai Tulang Punggung Pendidikan. Pusdatin Kemendikbud RI. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/literasi-digital-sebagai-tulang-punggung-pendidikan/
  5. duta.co. (2016, December 21). Menginspirasi Pendidikan dengan Literasi Digital. Duta.Co. https://duta.co/menginspirasi-pendidikan-dengan-literasi-digital
  6. Hasanah, U. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar: Vol. Cetakan 1. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id
  7. Kurniawan, G. (2016, June 5). Literasi Digital Anak Membutuhkan Sinergi Banyak Pihak. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/776896/literasi-digital-anak-membutuhkan-sinergi-banyak-pihak#
  8. Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
  9. Rahayuningsih, F. (2016). Menuju Layanan Prima Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. Info Persada, 14(1), 14–20. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/Info_Persadha/article/view/114
  10. Tiwari, S. (2016). An Introduction to QR Code Technology. 2016 International Conference on Information Technology (ICIT), 39–44. https://doi.org/10.1109/ICIT.2016.021
  11. Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi di Era Digital dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 61–82. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15194