Main Article Content

Abstract

Perpustakaan memiliki peran strategis dalam memfasilitasi kebutuhan informasi sivitas akademika serta mendukung proses pembelajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Namun, sumber daya yang dimiliki perpustakaan seringkali belum dimanfaatkan secara optimal. Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) melaksanakan kegiatan literasi informasi untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya perpustakaan oleh mahasiswa. Kegiatan literasi informasi meliputi program literasi informasi untuk mahasiswa baru dan kelas literasi informasi. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam mengakses, mengevaluasi, serta memanfaatkan sumber-sumber informasi secara efektif dan efisien. Dampak positif dari kegiatan literasi informasi terlihat dari meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam menelusur dan mengakses sumber informasi, baik tercetak maupun elektronik, serta memanfaatkan berbagai layanan perpustakaan secara optimal. Kegiatan literasi informasi terbukti menjadi strategi yang tepat untuk meningkatkan pemanfaatan sumber daya perpustakaan di Perpustakaan UII dalam mendukung proses pembelajaran dan penelitian di lingkungan UII.

Keywords

Literasi informasi perpustakaan perguruan tinggi pemanfaatan sumber daya perpustakaan Perpustakaan UII

Article Details

Author Biography

Neneng Asaniyah, Universitas Islam Indonesia

Direktorat Perpustakaan

How to Cite
Asaniyah, N. (2024). Peningkatan Pemanfaatan Sumber Daya Perpustakaan Melalui Kegiatan Literasi Informasi di Perpustakaan UII. Buletin Perpustakaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i1.34129

References

  1. American Library Association (ALA). (2024). Information Literacy. ALA Literacy. https://literacy.ala.org/information-literacy/
  2. Asaniyah, N., & Utomo, T. P. (2023). Diseminasi Informasi Perpustakaan Melalui Library Lite di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 6(1), 103–137. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/bpuii.v6i1.28979
  3. Bundy, A., (ALIA), A. L. and I. A., & Library, U. of S. Australia. (2001). For a Clever Country: Information Literacy Diffusion in the 21st Century. https://books.google.co.id/books?id=ljf4jgEACAAJ
  4. Hanifah, A. N. (2020). Tingkat Literasi Media Digital sebagai Media Diseminasi Informasi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta [Skripsi, UIN Sunan Kalijaga]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39699/
  5. Hartono. (2019). Kompetensi Literasi Informasi Perpustakaan: Membangun Budaya Literasi Digital bagi Generasi Milenial (1 ed., Vol. 1). Sagung Seto.
  6. Karomani, Nurhaida, I., Aryanti, N. Y., Windah, A., & Purnamayanti, A. (2021). Literasi Informasi Digital: Tantangan Bagi Para Santri Dalam Menjalankan Peran Sebagai Global Citizen (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Darussa”Adah Bandar Lampung). KOMUNIKA, 4(2), 203–213. https://doi.org/10.24042/komunika.v4i2.9933
  7. Melani, S. (2019). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Terhadap Pencarian Informasi [Skripsi, UIN Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/11345/
  8. Pendit, P. L. (2008). Perpustakaan digital dari A sampai Z (Cet. 1). Cita Karyakarsa Mandiri. https://books.google.co.id/books?id=E2d0QwAACAAJ
  9. Rifqi, Ach. N. (2021). Implementasi Literasi Informasi dan Peran Perpustakaan dalam Sistem Pembelajaran di Pesantren Era Masyarakat Informasi. LibTech: Library and Information Science Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/libtech.v2i1.15955
  10. Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi di Era Digital dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 61–82. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15194