Main Article Content

Abstract

Plagiarisme merupakan masalah serius yang dapat merusak integritas akademik dan menghambat perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam konteks penyusunan tugas akhir, cek plagiarisme sangat penting untuk memastikan keaslian dan orisinalitas karya tulis mahasiswa. Aplikasi Turnitin telah menjadi alat yang efektif dan andal dalam mendeteksi plagiarisme di lingkungan akademik. Makalah ini membahas implementasi Turnitin di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) sebagai upaya untuk menegakkan integritas akademik dan mencegah praktik plagiarisme dalam tugas akhir mahasiswa. Penerapan Turnitin di FH UII didasarkan pada prosedur yang jelas dan terintegrasi dengan sistem akademik, menunjukkan komitmen institusi dalam memelihara standar keaslian karya tulis. Selain manfaat utama dalam mendeteksi plagiarisme, penggunaan Turnitin juga memberikan dampak positif lainnya, seperti meningkatkan kemampuan menulis, membantu proses bimbingan, serta mendorong peningkatan kualitas informasi konten lokal dan sumber daya manusia. Penerapan Turnitin membantu menjaga keterbukaan dan integritas akademik, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pendidikan. Untuk memaksimalkan manfaat ini, fakultas perlu mengembangkan strategi komprehensif seperti meningkatkan pelatihan penggunaan Turnitin, memberikan sosialisasi tentang etika penulisan ilmiah, dan memanfaatkan teknologi terkini guna meningkatkan efektivitas deteksi plagiarisme dan menjaga kualitas karya ilmiah.

Keywords

Plagiarisme Turnitin Deteksi Plagiarisme Integritas Akademik Tugas Akhir Mahasiswa

Article Details

Author Biographies

Teguh Prasetyo Utomo, Universitas Islam Indonesia

Direktorat Perpustakaan

Solikah Agustin, Universitas Islam Indonesia

Fakultas Hukum

How to Cite
Teguh Prasetyo Utomo, & Solikah Agustin. (2024). Aplikasi Turnitin sebagai Sarana Cek Plagiarisme Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 7(1), 65–81. https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i1.34333

References

  1. Brabazon, T. (2015). Turnitin? Turnitoff: The Deskilling of Information Literacy. Turkish Online Journal of Distance Education, 16(3), 13–32. https://doi.org/10.17718/tojde.55005
  2. Dahl, S. (2007). Turnitin®: The student perspective on using plagiarism detection software. Active Learning in Higher Education, 8(2), 173–191. https://doi.org/10.1177/1469787407074110
  3. Dewati, P. (2018, Januari 30). 4 Akademisi Tanah Air yang Terjerat Kasus Plagiarisme. kumparanNEWS. https://kumparan.com/kumparannews/4-akademisi-tanah-air-yang-terjerat-kasus-plagiarisme/4
  4. Egan, L. (2024). Plagiarism: History, Culture, and Prevention. Dalam Reference Module in Social Sciences. Elsevier. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-323-95689-5.00018-3
  5. Fauzi, A. S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Turnitin sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Tindakan Plagiarisme di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta [Laporan D3, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32294/
  6. FH UII. (2023). Prosedur Kerja Penerbitan Surat Keterangan Bebas Plagiasi Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Hukum Program Sarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (PK – UII-Div.PA-003).
  7. Hadi, A. S. (2023). Bukan Hakim tapi Dokter: Implementasi Turnitin dalam Layanan Bebas Plagiasi di Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 6(2), 139–152. https://doi.org/10.20885/bpuii.30579
  8. Hermawan, B. (2017). Manfaat Literasi Informasi untuk Program Pengenalan Perpustakaan. Buletin Perpustakaan , 58, 69–80. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9075
  9. Hu, G., & Sun, X. (2017). Institutional Policies on Plagiarism: The Case of Eight Chinese Universities of Foreign Languages/International Studies. System, 66, 56–68. https://doi.org/10.1016/j.system.2017.03.015
  10. Lidwan, N., Roni, F., Siagian, S., Sopyan, S., & Sebayang, A. (2022). Peranan Perangkat Turnitin dalam Mendorong Karya Ilmiah Berkualitas. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 7(4), 288–305. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i4.1960
  11. Manullang, M., Erma, Z., Razali, M., Tampubolon, M., & Sitepu, E. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Turnitin bagi Dosen dalam Upaya Menghindari Plagiarisme. Journal Liaison Academia and Society (J-LAS), 1(3), 26–33. https://doi.org/10.58939/j-las.v1i3.200
  12. Manunggal, Y. C., & Christiani, L. (2018). Pemanfaatan Sistem Deteksi Plagiarisme Menggunakan Turnitin® pada Jurnal Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22908/20945
  13. Natalia, S. A. M. K. D. (2023). Utilizing Grammarly and Turnitin in Analyzing Students’ Writing Issues and Authenticity in Academic Writing. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19191–19197. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9448
  14. Office of Information Technology. (t.t.). Turnitin - Leaving GradeMark Feedback in Canvas. University of Colorado Boulder. Diambil 26 Mei 2024, dari https://oit.colorado.edu/tutorial/turnitin-leaving-grademark-feedback-canvas
  15. Patria, R. (2024, April 8). Turnitin adalah: Inilah Pengertian dan Tips Menggunakannya. Domainesia. https://www.domainesia.com/berita/turnitin-adalah/
  16. Pratiwi, M. A., & Aisya, N. (2021). Fenomena Plagiarisme Akademik di Era Digital. Publishing Letters, 1(2), 16–33. https://doi.org/10.48078/publetters.v1i2.23
  17. Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 8(1), 30. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200
  18. Risparyanto, A. (2020). Turnitin Sebagai Alat Deteksi Plagiarisme. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(2). https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss2.art5
  19. Setiawanty, I., & Chairunnisa, N. (2024, Mei 19). Pengusutan Kasus Dugaan Pelanggaran Akademik Kumba Digdowiseiso, Kemendikbud: Tim Masih Bekerja. tempo.co. https://nasional.tempo.co/read/1869743/pengusutan-kasus-dugaan-pelanggaran-akademik-kumba-digdowiseiso-kemendikbud-tim-masih-bekerja
  20. Umaroh, L., & Teguh, M. (2021). Implementasi Turnitin untuk Memaksimalkan Orisinalitas Karya Ilmiah di Jurusan Aqidah Filsafat Islam IAIN Tulungagung. Al Maktabah, 6(1), 37–49. https://doi.org/10.29300/mkt.v6i1.4272
  21. Universitas Islam Indonesia. (2001). Peraturan Universitas Nomor: 460/SK-REK/REK/X/2001 tentang Disiplin Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) (460/SK-Rek/Rek/X/2001; Disiplin Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII)). https://fpscs.uii.ac.id/wp-content/uploads/Arsip/ARSIP-PDF/peraturan-tentang-disiplin-mahasiswa%20uii1.pdf
  22. Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan. Kesmas: National Public Health Journal, 6(5), 195. https://doi.org/10.21109/kesmas.v6i5.84
  23. Widhiani, N. P. E. P., Suhartika, I. P., & Haryanti, N. P. P. (2022). Persepsi Penggunaan Aplikasi Turnitin untuk Mencegah Tindakan Plagiarisme pada Mahasiswa Universitas Udayana. Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi (JIPUS), 2(1). https://ojs.unud.ac.id/index.php/d3perpus/article/view/89605