Manfaat Literasi Informasi Untuk Program Pengenalan Perpustakaan

Bambang Hermawan

Abstract

Universitas dalam acara pengenalan kampus atau orientasi mahasiswa yang dilakukan pada saat ini oleh mahasiswa baru hanyalah sebatas pada pengenalan bangunan kampus dan juga unit kegiatan mahasiswa saja. Kehadiran internet membawa dampak yang saat ini dapat dirasakan yaitu tersedianya berbagai sumber informasi yang tersebar luas meliputi berbagai disiplin ilmu. Pihak perpustakaan mengharap pada universitas dalam acara pengenalan kampus atau orientasi mahasiswa baru diberi kesempatan mengadakan Literasi Informasi dalam acara pengenalan perpustakaan, apapun bentuk perpustakaan yang ada di universitas, baik perpustakaan pusat ataupun fakultas setidaknya diberikan materi Literasi Informasi kepada pemustaka khususnya mahasiswa baru. Literasi informasi disebut juga melek informasi, yakni kesadaran akan kebutuhan informasi seseorang, mengidentifikasi, pengaksesan secara efektif efisien, mengevaluasi, dan menggabungkan informasi secara legal ke dalam pengetahuan dan mengkomunikasikan informasi itu (Lasa Hs 2009:190). Tujuannya adalah agar koleksi bahan perpustakaan, fasilitas, serta jasa dan layanan yang ada di perpustakaan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa. Metode yang digunakan adalah observasi dan Studi Literatur. Melalui literasi informasi diharapkan pemustaka dapat mengetahui informasi bagaimana cara mencari literatur yang cepat, efektif dan juga mengetahui tentang perpustakaan lebih efektif dan efesien. Dapat disimpulkan bahwa perpustakaan perlu melakukan literasi informasi secara rutin agar informasi (koleksi) perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga kredibilitas perpustakaan dan pustakawan meningkat dimata pemustaka.

Keywords

Literasi Informasi, sumber informasi, Orientasi Mahasiswa baru, perpustakaan

Full Text:

PDF

References

Arsyad, Azhar, (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, p. 16.

Azwar Muin, Muh. 2015, Information Literacy Skill Strategi Penelusuran Informasi Online, Yogyakarta: Alauddin Universty Press, p. 27.

http://www.slideshare.net/M_AliAmiruddin/undangundang-no-43-tahun-2007-tentang-perpustakaan, Kamis, 17 Maret 2016 Jam 10.20.0,56 detik

https://khasanboement.wordpress.com/2012/08/26/ pendidikan-pemakai-perpustakaan/ Jum`at 31 Maret 2017 Jam 11.06 wib.

Lasa Hs. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, p. 190.

Maskuri, Akhmad. 1994. “Perpustakaanâ€, Warta Pustaka, Vol.1, (4), p.10.

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 312 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.