Main Article Content

Abstract

Perpustakaan memiliki peran sentral dalam mendorong minat belajar dan pembelajaran efektif dalam konteks pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perpustakaan, sebagai tempat inspirasi, dapat menjadi katalisator penting dalam membentuk minat belajar siswa. Dengan menyediakan akses yang mudah ke berbagai sumber pengetahuan, perpustakaan menciptakan lingkungan yang merangsang kreativitas dan pemikiran kritis. Melalui koleksi buku yang beragam, teknologi pendukung pembelajaran, dan program-program inovatif, perpustakaan tidak hanya menjadi tempat penyimpanan informasi, tetapi juga menjadi pusat aktivitas belajar yang dinamis. Metode yang digunakan ialah studi pustaka yang mengeksplorasi dampak positif perpustakaan terhadap perkembangan minat belajar siswa, membahas peran perpustakaan dalam memperluas wawasan mereka dan meningkatkan kemampuan literasi. Dengan menghadirkan suasana yang mendukung penjelajahan intelektual, perpustakaan bukan hanya sebagai gudang buku, tetapi juga sebagai tempat di mana ide-ide baru dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu, penulisan ini merinci upaya perpustakaan dalam mengadopsi teknologi terkini, guna mendukung pembelajaran online dan memberikan akses global ke pengetahuan. Dengan merangkul peran penting perpustakaan dalam pendidikan, penulisan ini menggarisbawahi perlunya terus mengembangkan dan memperkuat perpustakaan sebagai agen perubahan positif dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, memahami dan meningkatkan potensi perpustakaan sebagai tempat inspirasi dapat membuka pintu menuju masyarakat yang lebih cerdas, kreatif, dan berpengetahuan.

Keywords

Perpustakaan Minat Belajar Pendidikan Inspirasi Sumber Pengetahuan Kreativitas

Article Details

Author Biography

Winarno Budi Setyawan, Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan
How to Cite
Setyawan, W. B. (2024). Perpustakaan sebagai Tempat Inspirasi dalam Mendorong Minat Belajar. Buletin Perpustakaan, 7(2), 1–16. https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i2.36573

References

  1. Darmanto, P. (2018). Manajemen Perpustakaan (N. Syamsiyah, Ed.). Bumi Aksara.
  2. Fatimah. (2018). Perpustakaan, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 30–35. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/jib.v2i1.27
  3. Iryana, & Kawasati, R. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. INA-Rxiv Papers, 1–17. https://doi.org/10.31227/osf.io/2myn7
  4. Kamulyan, M. S., & Primasari, F. (2016). Implementasi Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.1551
  5. Kusuma, G. P. R. (2021). Inovasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah–‘Aisyiyah (PTMA) Menghadapi Pandemi Covid-19: Sebuah Studi Literatur Bunga Rampai. Daluang: Journal of Library and Information Science, 1(2), 111–121. https://doi.org/10.21580/daluang.v1i2.2021.9444
  6. Lestari, I. A., & Harisuna, N. R. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa terhadap Minat Baca Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 2019, 195–200. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/575/162
  7. Mansyur, M. (2021). Optimalisasi Manajemen Perpustakaan dan Signifikansinya Bagi Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. Al-Manar, 10(2), 12–30. https://doi.org/10.36668/jal.v10i2.301
  8. Maulidiyah, A., & Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan (JIMP), 8(4), 389–400. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/36864
  9. Sudarsana, U. (2014). Pembinaan Minat Baca. In Pembinaan Minat Baca (pp. 1–49). Universitas Terbuka. https://repository.ut.ac.id/4222/
  10. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Ed. 2, Cet. 2). ALFABETA.