Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas upaya pengoptimalisasian layanan dalam kelas literasi informasi di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Optimalisasi merupakan upaya untuk meningkatkan kegiatan atau pekerjaan dengan tujuan memperkecil kerugian atau memperbesar keuntungan demi tercapainya tujuan dalam batas tertentu. Pelaksanaan layanan kelas literasi informasi ini pesertanya masih belum sesuai dengan yang diharapkan, untuk itu optimalisasi pelaksanaan layanan kelas literasi ini dianggap perlu untuk dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sementara dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan studi literatur. Hasil dalam penelitian ini menunjukan proses pengoptimalisasian dalam pelaksanaan kelas literasi informasi di perpustakaan dilakukan dengan cara melakukan promosi dengan skala yang lebih luas yaitu melalui Instagram perpustakaan dan mempromosikan langsung ke setiap fakultas. Tujuan dari promosi kelas literasi informasi ini adalah untuk agar informasi mengenai hal tersebut tersebar ke seluruh sivitas akademika Universitas Islam Indonesia dan dapat meningkatkan peserta kelas literasi informasi tersebut.
Keywords
Article Details
References
- Asnawati, A. (2022). Literasi Informasi Membantu Meningkatkan Kemampuan Informasi dalam Proses Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa. Al-Ma’mun Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24090/jkki.v3i1.6204
- Batubara, A. K. (2015). Literasi Informasi di Perpustakaan. Iqra’: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 43. https://doi.org/10.30829/iqra.v9i1.67
- Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif Ed 2: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (2nd ed.). Kencana.
- Buwana, R. W. (2023). Analisis Pelaksanaan Kelas Literasi Informasi di Perpustakaan IAIN Kudus. Warta Perpustakaan Pusat Undip, 16(1), 21–40. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/wp/article/view/20320
- CILIP. (2018). CILIP Definition of Information Literacy 2018. https://cdn.ymaws.com/www.cilip.org.uk/resource/resmgr/cilip/information_professional_and_news/press_releases/2018_03_information_lit_definition/cilip_definition_doc_final_f.pdf
- Fatmawati, E. (2020). Kompetensi Literasi Informasi Pustakawan di Era Infodemik. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 3(2), 172. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i2.976
- Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik (Ed. 1, Cet. 4). Bumi Aksara.
- Iskandar. (2016). Manajemen dan Budaya Perpustakaan. Refika Aditama.
- Istiana, P. (2020). Mengapa Literasi Informasi di Perguruan Tinggi Penting? Media Informasi, 29(1), 95–103. https://doi.org/10.22146/mi.v29i1.4011
- Lasa HS. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia (T. Soenarno, Ed.; Cetakan 1). Pustaka Book Publisher.
- Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
- Nurtiar, H. (2015, July). Mengapa Literasi Informasi? Memahami Literasi Informasi di Era Misinformasi. UI Lib. Berkala, 1(1), 4–6. https://lib.ui.ac.id/uilibberkala.jsp
- Prihartanta, W. (2015). Tujuan Promosi Perpustakaan. Jurnal Adabiya, 3(83), 1–9. https://www.academia.edu/19792333/Tujuan_Promosi_Perpustakaan
- Rachmawati, T. S., & Agustine, M. (2021). Keterampilan Literasi Informasi sebagai Upaya Pencegahan Hoaks mengenai Informasi Kesehatan di Media Sosial. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 99–114. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.28650
- Rahmawati, N. A. (2019). Urgensi Kelas Literasi Informasi bagi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Unilib: Jurnal Perpustakaan, 10(1), 55–60. https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/14163/9819
- Rahmawati, N. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa dengan Pembentukan ILC (Information Literacy Class) Online di UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 4(1), 93–102. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/20239
- Sundariyati, D. (2023). Urgensi Kelas Literasi Informasi bagi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gombong. Publication Library and Information Science, 7(1), 15–26. https://doi.org/10.24269/pls.v7i1.6788
- Yusup, P. M., & Saepudin, E. (2017). Praktik Literasi Informasi dalam Proses Pembelajaran Sepanjang Hayat (Information Literacy Practices in the Process of Lifelong Learning). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(1), 79. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.11387
- Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
References
Asnawati, A. (2022). Literasi Informasi Membantu Meningkatkan Kemampuan Informasi dalam Proses Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa. Al-Ma’mun Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24090/jkki.v3i1.6204
Batubara, A. K. (2015). Literasi Informasi di Perpustakaan. Iqra’: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 43. https://doi.org/10.30829/iqra.v9i1.67
Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif Ed 2: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (2nd ed.). Kencana.
Buwana, R. W. (2023). Analisis Pelaksanaan Kelas Literasi Informasi di Perpustakaan IAIN Kudus. Warta Perpustakaan Pusat Undip, 16(1), 21–40. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/wp/article/view/20320
CILIP. (2018). CILIP Definition of Information Literacy 2018. https://cdn.ymaws.com/www.cilip.org.uk/resource/resmgr/cilip/information_professional_and_news/press_releases/2018_03_information_lit_definition/cilip_definition_doc_final_f.pdf
Fatmawati, E. (2020). Kompetensi Literasi Informasi Pustakawan di Era Infodemik. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 3(2), 172. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i2.976
Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik (Ed. 1, Cet. 4). Bumi Aksara.
Iskandar. (2016). Manajemen dan Budaya Perpustakaan. Refika Aditama.
Istiana, P. (2020). Mengapa Literasi Informasi di Perguruan Tinggi Penting? Media Informasi, 29(1), 95–103. https://doi.org/10.22146/mi.v29i1.4011
Lasa HS. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia (T. Soenarno, Ed.; Cetakan 1). Pustaka Book Publisher.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Nurtiar, H. (2015, July). Mengapa Literasi Informasi? Memahami Literasi Informasi di Era Misinformasi. UI Lib. Berkala, 1(1), 4–6. https://lib.ui.ac.id/uilibberkala.jsp
Prihartanta, W. (2015). Tujuan Promosi Perpustakaan. Jurnal Adabiya, 3(83), 1–9. https://www.academia.edu/19792333/Tujuan_Promosi_Perpustakaan
Rachmawati, T. S., & Agustine, M. (2021). Keterampilan Literasi Informasi sebagai Upaya Pencegahan Hoaks mengenai Informasi Kesehatan di Media Sosial. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 99–114. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.28650
Rahmawati, N. A. (2019). Urgensi Kelas Literasi Informasi bagi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Unilib: Jurnal Perpustakaan, 10(1), 55–60. https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/14163/9819
Rahmawati, N. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa dengan Pembentukan ILC (Information Literacy Class) Online di UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 4(1), 93–102. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/20239
Sundariyati, D. (2023). Urgensi Kelas Literasi Informasi bagi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gombong. Publication Library and Information Science, 7(1), 15–26. https://doi.org/10.24269/pls.v7i1.6788
Yusup, P. M., & Saepudin, E. (2017). Praktik Literasi Informasi dalam Proses Pembelajaran Sepanjang Hayat (Information Literacy Practices in the Process of Lifelong Learning). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(1), 79. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.11387
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20