Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas upaya pengoptimalisasian layanan dalam kelas literasi informasi di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Optimalisasi merupakan upaya untuk meningkatkan kegiatan atau pekerjaan dengan tujuan memperkecil kerugian atau memperbesar keuntungan demi tercapainya tujuan dalam batas tertentu. Pelaksanaan layanan kelas literasi informasi ini pesertanya masih belum sesuai dengan yang diharapkan, untuk itu optimalisasi pelaksanaan layanan kelas literasi ini dianggap perlu untuk dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sementara dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan studi literatur. Hasil dalam penelitian ini menunjukan proses pengoptimalisasian dalam pelaksanaan kelas literasi informasi di perpustakaan dilakukan dengan cara melakukan promosi dengan skala yang lebih luas yaitu melalui Instagram perpustakaan dan mempromosikan langsung ke setiap fakultas. Tujuan dari promosi kelas literasi informasi ini adalah untuk agar informasi mengenai hal tersebut tersebar ke seluruh sivitas akademika Universitas Islam Indonesia dan dapat meningkatkan peserta kelas literasi informasi tersebut.

Keywords

optimalisasi literasi informasi perpustakaan perguruan tinggi

Article Details

Author Biography

Ali Akbar Baihaqy, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies

How to Cite
Baihaqy, A. A. (2024). Optimalisasi Layanan Kelas Literasi Informasi di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Buletin Perpustakaan, 7(2), 157–171. https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i2.36578

References

  1. Asnawati, A. (2022). Literasi Informasi Membantu Meningkatkan Kemampuan Informasi dalam Proses Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa. Al-Ma’mun Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24090/jkki.v3i1.6204
  2. Batubara, A. K. (2015). Literasi Informasi di Perpustakaan. Iqra’: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 43. https://doi.org/10.30829/iqra.v9i1.67
  3. Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif Ed 2: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (2nd ed.). Kencana.
  4. Buwana, R. W. (2023). Analisis Pelaksanaan Kelas Literasi Informasi di Perpustakaan IAIN Kudus. Warta Perpustakaan Pusat Undip, 16(1), 21–40. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/wp/article/view/20320
  5. CILIP. (2018). CILIP Definition of Information Literacy 2018. https://cdn.ymaws.com/www.cilip.org.uk/resource/resmgr/cilip/information_professional_and_news/press_releases/2018_03_information_lit_definition/cilip_definition_doc_final_f.pdf
  6. Fatmawati, E. (2020). Kompetensi Literasi Informasi Pustakawan di Era Infodemik. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 3(2), 172. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i2.976
  7. Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik (Ed. 1, Cet. 4). Bumi Aksara.
  8. Iskandar. (2016). Manajemen dan Budaya Perpustakaan. Refika Aditama.
  9. Istiana, P. (2020). Mengapa Literasi Informasi di Perguruan Tinggi Penting? Media Informasi, 29(1), 95–103. https://doi.org/10.22146/mi.v29i1.4011
  10. Lasa HS. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia (T. Soenarno, Ed.; Cetakan 1). Pustaka Book Publisher.
  11. Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
  12. Nurtiar, H. (2015, July). Mengapa Literasi Informasi? Memahami Literasi Informasi di Era Misinformasi. UI Lib. Berkala, 1(1), 4–6. https://lib.ui.ac.id/uilibberkala.jsp
  13. Prihartanta, W. (2015). Tujuan Promosi Perpustakaan. Jurnal Adabiya, 3(83), 1–9. https://www.academia.edu/19792333/Tujuan_Promosi_Perpustakaan
  14. Rachmawati, T. S., & Agustine, M. (2021). Keterampilan Literasi Informasi sebagai Upaya Pencegahan Hoaks mengenai Informasi Kesehatan di Media Sosial. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 99–114. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.28650
  15. Rahmawati, N. A. (2019). Urgensi Kelas Literasi Informasi bagi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Unilib: Jurnal Perpustakaan, 10(1), 55–60. https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/14163/9819
  16. Rahmawati, N. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa dengan Pembentukan ILC (Information Literacy Class) Online di UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 4(1), 93–102. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/20239
  17. Sundariyati, D. (2023). Urgensi Kelas Literasi Informasi bagi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gombong. Publication Library and Information Science, 7(1), 15–26. https://doi.org/10.24269/pls.v7i1.6788
  18. Yusup, P. M., & Saepudin, E. (2017). Praktik Literasi Informasi dalam Proses Pembelajaran Sepanjang Hayat (Information Literacy Practices in the Process of Lifelong Learning). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(1), 79. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.11387
  19. Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20