Main Article Content
Abstract
Akses digital sulit dihindari pada era sekarang, namun SMP SahabatQu menerapkan kebijakan sekolah bebas gawai dan memanfaatkan koran perpustakaan sebagai sumber informasi Penelitian ini bertujuan menganalisis peran fungsional koleksi koran di SMP SahabatQu, sebuah sekolah yang melarang akses media digital bagi siswa yang terbiasa menerima jutaan informasi dari gawai. Meskipun dianggap kuno, koran terbukti memainkan peran penting sebagai media substitusi karena berfungsi sebagai sumber informasi terkini yang aman dan terfilter, sekaligus mendukung peningkatan literasi dan menjaga disiplin bebas gawai. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan cakupan berita dan kecepatan pembaruan membuat koran belum sepenuhnya mampu menggantikan kelengkapan informasi digital, sehingga diperlukan inovasi radikal dalam pengelolaan koleksi dan penguatan program literasi berbasis berita untuk mengatasi celah tersebut.
Keywords
Article Details
References
- Chandio, D. A. (2023). The Impact Of Newspaper Readership On Academic Performance And Critical Thinking Skills Among Students: A Comparative Analysis. Russian Law Journal, 11(2), 1119–1136.
- Devi, I. M., & Nelisa, M. (2020a). Kebutuhan Informasi Siswa SMP Negeri 1 Kota Padang melalui Sumber-Sumber Internet. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(2), 48–66.
- Devi, I. M., & Nelisa, M. (2020b). Kebutuhan Informasi Siswa SMP Negeri 1 Kota Padang melalui Sumber-Sumber Internet. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(2), 48–66.
- Gusriani, M., & Masruri, A. (2023). Keterampilan Literasi Informasi di Era Digital Berdasarkan Model The Big 6. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(1), 61–72.
- Indah, D. F. R., Zehroh, A., Hasanah, W., & Mas’odi, M. (2025). Peran Perpustakaan Sekolah Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(1), 77–82.
- Jaya, I. N. S. (2024). Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Literasi Informasi bagi Pemustaka. Media Sains Informasi Dan Perpustakaan, 4(2), 70–80.
- Kamariah, S., & Yusuf, S. M. (2025). Peran Rak Koran sebagai Media Informasi Harian Studi Visual di Perpustakaan daerah Indragiri Hilir Tembilahan Riau. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 1233–1239. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1357
- Khasiati, N. (2021). Peran perpustakaan sekolah dalam mendukung proses pembelajaran di SMPIT Alfarisi Sleman DIY. Jurnal Khazanah Intelektual, 5(1), 987–1007.
- Komara, D. A., & Widjaya, S. N. (2024). Memahami Perilaku Informasi Gen-Z dan Strategi Melawan Disinformasi: Sebuah Tinjauan Literatur Penggunaan Media Sosial. Jurnal Pustaka Ilmiah, 10(2), 155. https://doi.org/10.20961/jpi.v10i2.85775
- Kristianto, H. (2016). Hubungan Pemanfaatan Koran Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Demokrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Geger Madiun. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3).
- Ramadani, N., Hayati, I., Putri, R., & Puspasari, L. (n.d.). Peran Pustakawan dalam Upaya Meningkatkan Literasi Informasi di Era Society 5.0: Studi Literatur. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 6(1), 12–25.
- Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:qID7hVdl1LcJ:https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/
- Siagian, S. H., & Marbun, R. C. (2024). Pelarangan Penggunaan Gadget Bagi Peserta Didik Melalui Pengambilan Keputusan Etis Guru Di Smk Negeri 1 Sigumpar. Satya Widya, 40(2), 178–189.
- Syahputri, W., DF, R., & Said, A. (2022). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa di SMP Negeri 5 Pinrang. Jurnal Sosialisasi, 9(3), 102–109.
References
Chandio, D. A. (2023). The Impact Of Newspaper Readership On Academic Performance And Critical Thinking Skills Among Students: A Comparative Analysis. Russian Law Journal, 11(2), 1119–1136.
Devi, I. M., & Nelisa, M. (2020a). Kebutuhan Informasi Siswa SMP Negeri 1 Kota Padang melalui Sumber-Sumber Internet. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(2), 48–66.
Devi, I. M., & Nelisa, M. (2020b). Kebutuhan Informasi Siswa SMP Negeri 1 Kota Padang melalui Sumber-Sumber Internet. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(2), 48–66.
Gusriani, M., & Masruri, A. (2023). Keterampilan Literasi Informasi di Era Digital Berdasarkan Model The Big 6. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(1), 61–72.
Indah, D. F. R., Zehroh, A., Hasanah, W., & Mas’odi, M. (2025). Peran Perpustakaan Sekolah Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(1), 77–82.
Jaya, I. N. S. (2024). Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Literasi Informasi bagi Pemustaka. Media Sains Informasi Dan Perpustakaan, 4(2), 70–80.
Kamariah, S., & Yusuf, S. M. (2025). Peran Rak Koran sebagai Media Informasi Harian Studi Visual di Perpustakaan daerah Indragiri Hilir Tembilahan Riau. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 1233–1239. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1357
Khasiati, N. (2021). Peran perpustakaan sekolah dalam mendukung proses pembelajaran di SMPIT Alfarisi Sleman DIY. Jurnal Khazanah Intelektual, 5(1), 987–1007.
Komara, D. A., & Widjaya, S. N. (2024). Memahami Perilaku Informasi Gen-Z dan Strategi Melawan Disinformasi: Sebuah Tinjauan Literatur Penggunaan Media Sosial. Jurnal Pustaka Ilmiah, 10(2), 155. https://doi.org/10.20961/jpi.v10i2.85775
Kristianto, H. (2016). Hubungan Pemanfaatan Koran Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Demokrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Geger Madiun. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3).
Ramadani, N., Hayati, I., Putri, R., & Puspasari, L. (n.d.). Peran Pustakawan dalam Upaya Meningkatkan Literasi Informasi di Era Society 5.0: Studi Literatur. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 6(1), 12–25.
Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:qID7hVdl1LcJ:https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/
Siagian, S. H., & Marbun, R. C. (2024). Pelarangan Penggunaan Gadget Bagi Peserta Didik Melalui Pengambilan Keputusan Etis Guru Di Smk Negeri 1 Sigumpar. Satya Widya, 40(2), 178–189.
Syahputri, W., DF, R., & Said, A. (2022). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa di SMP Negeri 5 Pinrang. Jurnal Sosialisasi, 9(3), 102–109.