Strategi Pustakawan Sukses Uji Sertifikasi

Sukirno Sukirno

Abstract

Menurut Permenpan dan RB No. 9 Tahun 2014 pada Bab X Pasal 33, pada ayat (1) disebutkan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, pustakawan yang akan naik jabatan harus mengikuti dan lulus uji kompetensi. Sedangkan pada ayat (2) disebutkan dikecualikan dari uji kompetensi sebagaimana ayat (1) bagi pustakawan yang telah memiliki sertifikasi kompetensi. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pustakawan dengan mengacu Permenpan dan RB No. 9 yaitu melakukan sertifikasi pustakawan. Uji sertifikasi pustakawan merupakan proses menguji pustakawan untuk setiap unit kompetensi yang sudah ditetapkan dalam standar kompetensi. Pustakawan yang akan menghadapi uji sertifikasi agar saat diasesmen oleh asesor dapat dinyatakan kompeten atau lulus, maka ada beberapa strategi yang perlu dilakukan pustakawan, yaitu: (1) memilih klaster sesuai dengan kemampuan atau tugas, (2) memahami Kreteria Unjuk Kerja (KUK) sesuai dengan klaster yang telah dipilih sesuai dengan SKKNI, (3) menjaga kesehatan badan saat asesmen, dan (4) membangun kepercayaan diri siap mengikuti ujian.

Keywords

Certification, Librarian, Librarian Strategic

Full Text:

PDF

References

Indonesia. 2010. Undang-Undang No. 43 Th. 2007. Jakarta: PNRI.

Indonesia. 2008. Tentang Petujuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Indonesia. 2014. Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Lasa Hs. 2011. Sertifikasi Kompetensi Pustakawan. Materi Workshop Menyongsong Era Baru Sertifikasi Pustakawan, Diselenggarakan Forum Pustakawan UGM, Yogyakarta, 27 Desember 2011.

----------. 2009. Kamus Istilah Perpustakaan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Purwono. 2014. Profesi Pustakawan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Uswah, Lilik Kurniawati. 2013. Implementasi Standar Tenaga Perpustakaan Melalui Perencanaan Karir Pustakawan di Perpustakaan UGM. BULETIN SANGKAKALA, Edisi 15: 9-14.

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.