Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (produk dan promosi) terhadap variabel dependen yaitu ketahanan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM di Kota Mataram yang berjumlah 300 dalam penelitian ini digunakan sebagai populasi. Sedangkan penentuan jumlah sampel yang akan diambil menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan tingkat kepercayaan 85% dan kesalahan 15%. Hasilnya, sebanyak 98 pelaku UMKM akan menjadi subjek dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling untuk menentukan subjek UMKM yang memenuhi syarat untuk menjadi responden. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan pengumpulan dokumen. Pada saat melakukan pengujian, validitas dilakukan dengan mengecek nilai load factor dan nilai yang diekstrak dari mean variance. Sedangkan pengujian reliabilitas dilakukan dengan melihat nilai cronbach’s alpha. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan menggunakan software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari produk dan promosi terhadap ketahanan UMKM di Kota Mataram.