Inisiasi Peningkatan Matematika Dasar dan Hafalan Al-Qur’an di Madrasah Diniyyah As-Salam

Achmad Fauzan, Asyharul Muala, Muthia Dishanur Izzati, Farhatun Nissa

Abstract

Penanaman ilmu akan kuat jika diberikan sejak dini, karena sebagai ilustrasi sebuah pohon akan kokoh jika akarnya sudah terpatri kuat menancap didalam tanah. Namun dengan akar yang belum kuat, pohon itu akan mudah hanyut tergerus arus air yang ada. Tidak sedikit anak-anak yang tidak terkontrol karena perkembangan ini, oleh karena hal tersebut tim pengabdian merancang skema sederhana untuk mengembalikan fitrah anak-anak supaya dapat kembali terkontrol yakni dengan kembali ke Al-Qur’an. Selain itu diasah kemampuan logikanya yakni dengan pemantapan kemampuan matematika dasar. Pengabdian ini dilakukan di Madrasah Diniyyah As-Salam (Jalan Yudistira 104, Nglinggan, Wedomartani-Ngemplak, Sleman) yang sudah dilakukan selama 6 bulan berfokus kepada anak-anak kelas 4, 5 dan 6. Harapan diadakannya pengabdian ini adalah penguatan kembali berpikir logis anak-anak serta menciptakan karakter yang Qur’ani. Pelaksanaan pengabdian dilaksanakan rutin setiap hari Jumat dengan dari pukul 16.00 – 17.30 dalam kurun waktu 1 semester. Materi disesuaikan dengan materi yang diajarkan di sekolahan sehingga terukur dan berguna bagi peserta didik. Ditengah pelaksanaan diberikan ujian untuk mengukur sejauh mana pemahaman atas materi yang sudah diberikan. Kemudian diakhir pelaksanaan diberikan kuesioner untuk mengukur tingkat kepuasan serta evaluasi dari pelaksanaan program pengabdian. Dari hasil kuesioner secara keseluruhan peserta didik sangat senang dan diharapkan program ini tetap dapat diteruskan.

Penanaman ilmu akan kuat jika diberikan sejak dini, karena sebagai ilustrasi sebuah pohon akan kokoh jika akarnya sudah terpatri kuat menancap didalam tanah. Namun dengan akar yang belum kuat, pohon itu akan mudah hanyut tergerus arus air yang ada. Tidak sedikit anak-anak yang tidak terkontrol karena perkembangan ini, oleh karena hal tersebut tim pengabdian merancang skema sederhana untuk mengembalikan fitrah anak-anak supaya dapat kembali terkontrol yakni dengan kembali ke Al-Qur’an. Selain itu diasah kemampuan logikanya yakni dengan pemantapan kemampuan matematika dasar. Pengabdian ini dilakukan di Madrasah Diniyyah As-Salam (Jalan Yudistira 104, Nglinggan, Wedomartani-Ngemplak, Sleman) yang sudah dilakukan selama 6 bulan berfokus kepada anak-anak kelas 4, 5 dan 6. Harapan diadakannya pengabdian ini adalah penguatan kembali berpikir logis anak-anak serta menciptakan karakter yang Qur’ani. Pelaksanaan pengabdian dilaksanakan rutin setiap hari Jumat dengan dari pukul 16.00 – 17.30 dalam kurun waktu 1 semester. Materi disesuaikan dengan materi yang diajarkan di sekolahan sehingga terukur dan berguna bagi peserta didik. Ditengah pelaksanaan diberikan ujian untuk mengukur sejauh mana pemahaman atas materi yang sudah diberikan. Kemudian diakhir pelaksanaan diberikan kuesioner untuk mengukur tingkat kepuasan serta evaluasi dari pelaksanaan program pengabdian. Dari hasil kuesioner secara keseluruhan peserta didik sangat senang dan diharapkan program ini tetap dapat diteruskan.

Keywords

Pendampingan; Matematika Dasar; Al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References

Alghamdi,Yasser.2016. Negative Effects of Technology on Children of Today. Oakland University.

As-Salam, I. Y. (n.d.). Profil Yayasan As-Salam Yogya. Retrieved August 9, 2018, from Yayasan As-Salam Yogya: http://assalamjogja.blogspot.com/p/tentang-kami.html

Chussurur, M., Hidayat, T., & Agustin, R. W. (2011). Pengaruh Pemberian Cerita Melalui Media Audiovisual Terhadap Recall Memory pada Anak-anak kelas V Sekolah Dasar Takmirul Islam Surakarta.

Departemen Agama. (1998). Sejarah Perkembangan Madrasah. Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Muduli,J.Ranjan. 2014. Addiction to Technological Gadgets and Its Impact on Health and Lifestyle: A Study on College Students. Thesis: National Institute of Technology, Rourkela – 769008. India

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Contact

JAMALI, Directorate of Research and Public Services Universitas Islam Indonesia (DPPM UII)

Jl. Kaliurang Km.14,4 Yogyakarta 55584, Indonesia

Telp/Faks. +62-274-898444 Ekstensi 2503

E-Mail: abdimas@uii.ac.id

http://journal.uii.ac.id/JAMALI

e-ISSN: 2686-097X

p-ISSN: 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.