Srategi Membangun Karakter Kewirausahaan Pada Anak Usia PAUD-SD di Lereng Gunung Merapi (Dusun Tunggul Arum, Wonokerto – Turi)

Tatik Tatik, Khoirina Noor Anindya

Abstract

Anak-anak merupakan investasi terbesar orang tua, baik untuk dunia maupun akhirat. Mereka juga merupakan generasi penerus bangsa. Di pundak mereka kelak, harapan kemajuan dan masa depan bangsa dititipkan. Pendidikan anak sudah selayaknya mendapatkan perhatian lebih besar agar mereka memiliki keunggulan dan prestasi yang membanggakan. Pendidikan ini tidak hanya terbatas pada pendidikan formal semata, melainkan juga menekankan pada pendidikan karakter yang menjadi pondasi bagi tumbuh kembang anak.   

 

Idealnya menumbuhkan dan mengarahkan anak agar memiliki karakter kewirausahaaan dimulai sejak usia dini. Karena masa anak-anak merupakan fase yang paling subur, paling panjang dan paling dominan untuk menanamkan norma-norma yang mapan, dengan potensi fitrah yang bersih, kepolosan yang jernih, kelembutan dan kelenturan jasmani, kalbu yang belum tercemari, dan jiwa yang belum terkontaminasi (Jamaal Abdur Rohman, 2005:22).

 

Pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter kewirausahaan pada anak di Dusun Tunggul Arum, Desa Wonokerto, Turi-Sleman. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dilakukan dua kali, yang pertama ditujukan untuk anak-anak dan yang ke-dua untuk orang tua. Setelah pelatihan, anak-anak mendapatkan pendampingan berkelanjutan yang dilakukan oleh tokoh masyarakat setempat.

Keywords

anak, karakter kewirausahaan, pendampingan, strategi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Contact

JAMALI, Directorate of Research and Public Services Universitas Islam Indonesia (DPPM UII)

Jl. Kaliurang Km.14,4 Yogyakarta 55584, Indonesia

Telp/Faks. +62-274-898444 Ekstensi 2503

E-Mail: abdimas@uii.ac.id

http://journal.uii.ac.id/JAMALI

e-ISSN: 2686-097X

p-ISSN: 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.