Main Article Content

Abstract

Pengembangan apps memerlukan sebuah pendekatan yang partisipatif melalui upaya kolaboratif untuk mencapai tujuannya. Upaya ini adalah menggabungkan beberapa aspek seperti Bisnis, seni dan teknis yang mana sebuah fenomena yang dikenal dengan knowledge convergence. Melalui pengabdian masyarakat ini diharapkan para pegembang apps mampu mengaplikasikan beberapa kaedah dalam keterampilan berfikir yakni kritis dan kreatif untuk mampu meliputi masalah yang rumit yang memerlukan evauasi pada sudut pandang tertentu dalam mengkaji dan menyelesaikan masalah. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di DiLO Depok untuk memenuhi kebutuhan tentang knowledege management pada komunitas pengembang aplikasi (apps). Konsep yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Knowledge management dan kolaborasi melalui berfikir kreatif dan kritis pada proses bergagasan (ideation) hingga muncul inovasi.

Keywords

berfikir kreatif kolaborasi knowledge management knowledge convergence start-u

Article Details

References

  1. Jeong, H., & Chi, M. T. (2007). Knowledge convergence and collaborative learning. Instructional Science, 35 (4), 287-315.
  2. Maulidah, E. (2019). character building dan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran di era revolusi indutri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).
  3. Pacey, A. (1983). The culture of technology. Cambridge, USA: MIT press.
  4. Du Plessis, M. (2007). The role of knowledge management in innovation. Journal of Knowledge Management, 11 (4), 20–29.
  5. Kim, H. S. (2015). A study on the convergence entrepreneurship curriculum development. Journal of digital Convergence, 13 (5), 79-88.
  6. Lee, H., & Choi, B. (2003). Knowledge management enablers, processes, and organizational performance: An integrative view and empirical examination. Journal of Management Information Systems, 20 (1),179–228.
  7. Miller, G. A. (1956). The magical number seven, plus or minus two: Some limits on our capacity for processing information. Psychological review, 63 (2), 81.
  8. Neisser, U. (2014). Cognitive psychology: Classic edition. New York: Psychology Press.
  9. Arhanti, R. A., & Mosal, R. L. (2012). Startup Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas