Main Article Content

Abstract

Nglopang merupakan salah satu desa di Kabupaten Magetan yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Objek dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik ini adalah pohon asam. Hasil dari pohon asam ini adalah pengolahan buah asam untuk menjadi produk olahan yang siap konsumsi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan produk unggulan Desa Nglopang kepada masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak untuk menciptakan produk olahan gummy asam bersama masyarakat Desa Nglopang. Daging buah asam jawa tidak hanya sekedar di olah menjadi sirup asam dan manisan asam saja tetapi bisa di inovasi menjadi permen asam atau gummy asam yang mudah di olah dan juga bisa awet dalam jangka waktu lama tanpa bahan pengawet.

Keywords

Ekonomi Lokal Asam Jawa Gummy Asam

Article Details

References

  1. Liana Vivin Wihartanti , Farida Styaningrum , Galih Chandra Noegraha. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN PRODUK KOPI KARE DAN WISATA ALAM BERBASIS EKOWISATA DI DESA KARE KECAMATAN KARE KABUPATEN MADIUN. Jurnal Terapan Abdimas, Volume 5, Nomor 1, Januari 2020, hlm. 57-60.
  2. Etika Ari Susanti, Imam Hanafi, Romula Adiono (2010). PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL DALAM SEKTOR PERTANIAN (Studi pada Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 4, Hal 31-40.
  3. DYAH DWI POERWANTO, EKO PRABOWO HADISANTOSO, DAN SOEHARTINI ISNAINI (2015). PEMANFAATAN BIJI ASAM JAWA (TAMARINDUS INDICA) SEBAGAI KOAGULAN ALAMI DALAM PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI FARMASI. al Kimiya, Vol. 2, No. 1, Juni 2015.
  4. Kurniyati, Y., Rahmawati, F., & Suryati, P. (2014). Optimalisasi Pemanfaatan dan Diversifikasi Olahan Pangan Lokal sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. INOTEKS, 18(1).
  5. Wulandari, E. (2015). Aktivitas Antioksidan Dan Kualitas Gummy Candy Ekstrak Akar Alang-Alang (Imperatacylindrica) Dengan Variasi Penambahan Gelatin Dan Agar-Agar Serta Pewarna Alami (Doctoral dissertation, universitas muhammadiyah surakarta).