Main Article Content

Abstract

Secara umum dapat diketahui bahwa minat baca dan kemampuan membaca anak-anak di Indonesia masih rendah ketika di bandingkan dengan negara berkembang lainya. Dengan permasalahan minat baca anak yang rendah, maka perlu adanya solusi untuk masyarakat tentunya untuk anak-anak agar minat membacanya tinggi. Dalam meningkatkan minat baca anak, maka Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNISNU Jepara Kelompok 27 Mitra Pecangaan memilih sebuah program dengan mitra Pojok Baca Purnama tepatnya di Desa Gemulung RT.03 RW.01 dengan program minat pojok baca ini Tim KKN 27 memberikan literasi dan pendampingan belajar membaca berhadiah, edukasi, dan bermain sehingga minat baca anak semakin meningkat dengan adanya selingan atau literasi yang edukatif sehingga belajar dengan bermain ini dengan tujuan anak minat bacanya semakin meningkat. Apalagi di masa pandemic seperti ini anak yang meraa bosan dengan banyak tugas yang diberikan oleh gurunya Pojok Baca Purnama adalah salah satu tempat mereka kunjungi untuk alasan agar anak tidak bosan dengan tugas sekolah, sehingga dapat disimpulkan bahwa program Pojok Baca Purnama di Desa Gemulung ini dikatakan berhasil karena minat membaca anak semakin meningkat dengan adanya kegiatan membaca berhadiah, literasi, edukasi, dan pendampingan belajar dengan bermain.

Keywords

Minat baca Perpustakaan desa Pojok baca purnam

Article Details

References

  1. Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nuru Ilmi Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97-105.
  2. Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan, 4(2), 67-80.
  3. Riyoko, S., Wibowo, P. A., Shofwan, A., Hudi., Riyadi, A., Sholahuddin, M., & Widayati, W. (2021). Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik Covid-19 Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Jepara: PPKKN dan LPPM.
  4. Sukardi, D. K. (1987). Bimbingan Perkembangan Jiwa Anak. Jakarta: Ghalia Indonesia.