Main Article Content

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikal nilai tambah produk ecoprint yang diproduksi oleh KSM di Desa Pokak, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Masalah utama yang ada adalah pada kelompok swadaya masyarakat yang sudah diinisiasi pendiriannya pada tahun lalu sudah memiliki keahlian untuk membuat batik ecoprint pada media kain dan media sarung bantal. Maraknya penggunaan Teknik ecoprint yang ada saat ini membuat KSM harus melakukan inovasi diversifikasi produk agar dapat bersaing dengan produk ecoprint yang ada di pasaran. Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan pendampingan pembuatan macam-macam produk dengan teknik ecoprint. Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan beberapa pendekatan, antara lain melakukan kegiatan pelatihan diversifikasi produk, pengadaan peralatan, aspek pemasaran, dan aspek administrasi keuangan. Kegiatan pengabdian ini menambah peralatan seperti mesin jahit, kompor, kain serta bahan lainnya. Selain itu juga terdapat pendampingan pencatatan serta pemasaran.

Keywords

batik diversifikasi ecoprint klaten

Article Details

References

  1. Lindiawati, Sari, L.P., & Wulandari, D.A. (2018). Sinergi Motif Batik Eco-Print dan Asesoris Sospeso untuk Peningkatan Produktifitas UKM. DAYA - MAS: Media Komunikasi Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 65-69.
  2. Saptutyningsih, E., & Wardani, D. T. K. (2019) Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Produk Ecoprint di Dukuh IV Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Warta LPM, 22(1) 18-26.
  3. Sedjati, D. P., & Sari V.T. (2019). Mix Teknik Ecoprint dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan Dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil. CORAK Jurnal Seni Kriya, 8(1).
  4. Suwarno & Pramono, T. (2020). Analisis Swot Balanced Scorecard (BSC) Dalam Kebijakan Pengembangan Umkm Batik Suminar di Kabupaten Kediri. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9(7), 653-670.
  5. Vanderbeck, E, J. (2010). Principles of Cost Accounting, 15th edition. South Western, Cengage Learning.