Main Article Content

Abstract

Desa Punung merupakan salah satu wilayah yang termasuk kawasan strategis di Kabupaten Pacitan karena memiliki akses jalur Provinsi dan juga jalur menuju beberapa kawasan wisata terkenal di Kabupaten Pacitan. Desa Punung memiliki berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), salah satunya adalah UMKM produk makanan kering. UMKM di sekitar Desa Punung masih memiliki wawasan terbatas tentang pemasaran digital dan bagaimana cara mengemas untuk pengiriman jarak jauh. Selain itu, pemakaian sumber daya terbatas dan sulit didaur ulang seperti plastik masih tidak terkendali dan mencemari lingkungan. Tujuan dari pelaksanaan program pemberdayaan ini untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM mengenai pemasaran digital dan strategi green marketing agar dapat memaksimalkan pemasaran produk mereka dimasa pandemi covid-19. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraannya dengan program KKN-PPM. Metode Pengabdian untuk mencapai tujuan tersebut adalah penyuluhan dan pelatihan pemasaran bagi pelaku UMKM serta membuat video berisi materi dan informasi mengenai pemasaran UMKM. Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat ini mendapat respon positif dari pelaku UMKM di Desa Punung sekaligus meningkatkan kapabilitas pelaku UMKM dalam memasarkan produk melalui sosial media maupun e-commerce.

Keywords

Green Marketing Pemasaran Digital UMKM

Article Details

Author Biography

Rizki Hamdani, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia

ORCID iD: http://orcid.org/0000-0003-0708-0691

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=PB8n4DwAAAAJ&hl=en 

References

  1. Aini, H. Q., & Hapsari, A. Y. (2019). Interests Influence of Digital Marketing Product Sales in Exports by SMEs in Bandung. Global Business and Management Research, 11(1), 217–225.
  2. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (6th ed.). Pearson.
  3. Chen, Y. S., & Chang, C. H. (2013). Towards green trust: The influences of green perceived quality, green perceived risk, and green satisfaction. Management Decision, 51(1), 63–82.
  4. Hamdani, R., Hafiz, M. S., Marpaung, A. P., Dari, W., Darmawan, I. A., & Rianto, H. (2021). Application of Knowledge Management as Strengthening the Maritime Sector in Indonesian SOEs. Proceedings of the 37th International Business Information Management Association (IBIMA).
  5. Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 294–300.
  6. Muhammad, R., Nurfauziya, A., & Hamdani, R. (2021). Penerapan Sistem Informasi Kepegawaian Pada Amal Usaha Muhammadiyah Kota Magelang. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 147–153.
  7. Setiawan, A., & Hamdani, R. (2017). The Implementation of Crowdfunding-Based OVOB Program: An Improvement Effort of Global Competitiveness in Msme of Indonesia. The Proceeding of The International Conference and Call For Paper on Trade, 161–172.