Main Article Content

Abstract

Yayasan Rumpun Nurani (YRN) merupakan sebuah organisasi nirlaba yang berjuang mengembangkan dan menguatkan sumber daya manusia melalui pendidikan, sosial, dakwah dan ekonomi. Salah satu visi misi YRN yaitu meningkatkan kesejahteraan umat yang diemban oleh Departemen Ekonomi. Departemen Ekonomi memiliki kelompok dampingan ibu tunggal dan ibu penopang ekonomi keluarga bernama Komunitas Ibu Pilihan (KIP). Ibu tunggal yang belum memiliki kesadaran berkegiatan ekonomi serta ibu penopang ekonomi keluarga berbasis UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang diharapkan mampu menghidupi dan mencukupi ekonomi keluarga merupakan tantangan tersendiri bagi YRN. Selanjutnya misi peningkatan kesejahteraan ekonomi umat diwujudkan dengan menggerakkan wadah penjualan produk berkualitas dari komunitas keluarga YRN dan KIP di bawah naungan Nunshop. Potensi Nunshop dalam menggerakkan ekonomi cukup besar. Produk-produk yang dijual – baik makanan maupun non makanan sangat berkualitas. Hanya saja, saat ini volume penjualan Nunshop masih terbilang kecil. Ketersediaan produk berkualitas sesuai konsep sehat yang diusung oleh Nunshop masih minim. Keterbatasan sumber daya manusia (produksi, marketing dan keuangan) menjadi kendala. Kondisi pandemik yang menyebabkan perubahan pemasaran berbasis online dan teknologi juga menjadi masalah. Hal ini disebabkan karena terbatasnya SDM (para ibu) yang melek teknologi. Berdasarkan permasalahan tersebut diatas diperlukan upaya pendampingan dalam hal peningkatan motivasi ber-UKM, peningkatan skill dan kualitas produksi pada komunitas serta pendampingan pemasaran produk berbasis teknologi. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan ekonomi ummat. Solusi yang diterapkan yaitu : (1) Peningkatan motivasi dan skill produk berkualitas berbahan alami, (2) Pendampingan pemasaran produk berbasis teknologi, dan (3) Peningkatan penjualan produk. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh UII bekerjasama dengan YRN telah berhasil memberikan motivasi ber-UKM serta meningkatkan jumlah produk. Program dan kegiatan ini dapat direkomendasikan menjadi program wilayah pemerintah Yogyakarta maupun nasional dalam pemberdayaan ibu tunggal dan ibu penopang ekonomi keluarga menjadi ibu yang tangguh, produktif serta melek teknologi dalam rangka penguatan ketahanan keluarga bangsa Indonesia.

 

Keywords

pemberdayaan ekonomi Komunitas Ibu Pilihan Yayasan Rumpun Nurani Nunshop.

Article Details

References

  1. Andriani, D. (2019). Tren Gaya Hidup Sehat Kian Meningkat. [Internet]. [diunduh pada 14 Oktober 2020]. Tersedia pada : https://lifestyle.bisnis.com/read/20190125/106/882006/tren-gaya-hidup-sehat-kian-meningkat
  2. Broussard, C.A., Joseph, A.L and Thompson, M. (2015). Stresssors and Coping Strategies Used by Single Mothers Living in Poverty. Journal of Woman and Social Work, 27 (2), 190-204.
  3. Caballo, R., Lansford, J. E., Abbey, A., dan Stewart, A. J. (2001). Theoretical Perspectives on Adoptive Families’ Well-Being. Marriage & Family Review, 33(4), 85–105
  4. Fitri, N., Sulistyarini, R.I., dan Windarti, Y. (2020). Pemberdayaan Ibu Tunggal Melalui Pelatihan Psikologis dan Pelatihan Pengembangan Produk Halal dan Sehat sebagai Usaha Peningkatan Self efikasi dalam Berwirausaha. Jurnal Abdimas Madani dan Lestari Vol.02, Issue 01, Maret 2020. Hal.26-37.
  5. Sulistyarini, R.I., Fitri, N., Windarti, Y., Oclaudya, K. dan Fitria, R. (2021). Pemberdayaan Perempuan/Ibu Tunggal Melalui Pelatihan Psikologis dan Pelatihan Pengembangan Produk Kerjasama dengan Yayasan Rumpun Nurani Program Komunitas Ibu Pilihan.