Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berbemtuk pelatihan pengelolaan media sosial dan foto produk bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pertimbangan memilih KIM Kabupaten Bantul karena Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bantul sebagai lembaga yang membawahi KIM memberikan fasilitasi Wifi publik yang dapat digunakan oleh KIM untuk beraktivitas. Hal ini menunjukkan keseriusan dalam mengembangakn KIM. Berdasarkan penjelasan dari Diskominfo Kabupaten Bantul, target yang diberikan terhadap KIM Bantul adalah memiliki media sosial yang berguna untuk mempublikasikan potensi lokal dan masuk ke dalam marketplace atau lokapasar. Pelatihan berisi cara berpromosi melalui media sosial, mengelola lokapasar, dan pelatihan foto produk yang akan dipasarkan. Metode pengabdian adalah pemberian materi, penugasan bagi peserta pelatihan berupa pembuatan akun media sosial untuk promosi, foto produk, dan pembuatan akun loka pasar untuk pemasaran, serta evaluasi dari hasil penugasan. Rangkaian kegiatan berlangsung selamat bulan Agustus - September 2021. Berhubung kegiatan pengabdian masih berlangsung pada masa pandemi, maka aktivitas pelatihan dan evaluasi seluruhnya dilakukan secara daring.


Kata kunci : foto produk, Kelompok Informasi Masyarakat, lokapasar, media sosial

Keywords

foto produk Kelompok Informasi Masyarakat lokapasar media sosial

Article Details

Author Biographies

Ida Nuraini Dewi Kodrat Ningsih, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia

Google Scholar : https://scholar.google.com/citations?user=r4uCFO0AAAAJ&hl=en&oi=ao

Narayana Mahendra Prastya, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia

Google Scholar : https://scholar.google.com/citations?user=TKYsn-IAAAAJ&hl=en&oi=sra

 

References

Read More