Main Article Content

Abstract

Dusun Nangulan merupakan dusun yang berada di Kalurahan Sendangagung Kapanewon Minggir Kabupaten Sleman Yogyakarta. Potensi unggulan dari Dusun Nanggulan adalah sebagai berikut. 1) Area pertanian dan tegalan yang berlimpah seperti tanaman padi, jagung, pohon kelapa, dan pohon bambu; 2). Masyarakat memiliki semangat gotong royong yang tinggi; 3) Terdapat situs sejarah sekolah kepolisian pertama di Indonesia; 4) Potensi peternakan berupa kambing, sapi, unggas, dan perikanan. Adanya potensi tersebut belum terkelola dengan baik untuk peningkatan perekonomian warga masyarakat di Dusun Nanggulan. Berdasarkan hasil observasi studi ini, permasalahan yang dihadapi masyarakat berupa rendahnya semangat generasi muda dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan. Akibat dari permasalahan tersebut tingkat kesejahteraan masyarakat di Dusun Nanggulan sangat rendah dibandingkan dengan kesejahteraan masyarakat di Dusun lainnya di wilayah Sendangagung. Tujuan khusus dari kegiatan pengabdian ini adalah terciptanya wirausaha baru dalam rangka optimalisasi potensi yang ada di Dusun Nanggulan. Luaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari luaran  wajib berupa publikasi di jurnal nasional terakreditasi, dan khususnya terciptanya wirausaha baru di Dusun Nanggulan dalam rangka optimalisasi potensi yang ada di Dusun Nanggulan.

Keywords

Wirausaha Nanggulan Sleman

Article Details

References

  1. Diandra, Didip. 2019. Kewirausahaan Dan Urgensinya Dalam Revolusi Industri 4.0
  2. Pratama, Dian Arif Noor. 2019. Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Tanzim Universitas Sunan Kalijaga, Yogyakarta Vol. 03 No. 01, p. 198-226.
  3. Purnomo, A., Sudirman, A., Hasibuan, A., Sudarso, A., Sahir, S. H., Salmiah, S., Mastuti, R., Chamidah, D., Koryati, T., & Simarmata, J. (2020). Dasar-Dasar Kewirausahaan: Untuk Perguruan Tinggi dan Dunia Bisnis. Yayasan Kita Menulis.
  4. Setiawan, H. C. B. (2020). Redesign Bisnis Pasca Pandemi Covid-19: Prespektif UMKM, BUMDes & Usaha Ekonomi Pesantren. Mukmin Publishing.
  5. https://moergiyanto.wordpress.com/2017/04/10/dusun-nanggulan-sendangagung-minggir/ di akses 19 September 2022