Main Article Content

Abstract

Menulis ilmiah (laporan penelitian Tindakan kelas) bagi guru-guru, termasuk guru Bahasa Inggris, merupakan kegiatan yang sangat menantang. Kesulitan ini bukan saja dikarenakan keterbatasan waktu untuk menulis laporan PTK yang dimaksud akan tetapi juga keterbatasan waktu untuk melaksanakan PTK di kelas mereka. Disamping itu, keterampilan menulis ilmiah para guru Bahasa Inggris juga perlu penganiayaan karena lama tidak dipergunakan dalam pembelajaran. Tantangan ini mengundang Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII untuk melaksanakan pendampingan penulisan artikel ilmiah (laporan PTK) bagi guru-guru Bahasa Inggris di Bantul. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan pemberian materi tentang manajemen waktu, pengantar PTK, dan strategi menulis bagian-bagian laporan PTK. Selain itu, para guru juga didampingi oleh seorang dosen dari PBI UII yang akan membantu secara teknis dalam menyelesaikan laporan PTK. Sharing inovasi pembelajaran Bahasa Inggris dan referensi-referensi artikel ilmiah merupakan dukungan yang diharapkan oleh para guru. Hasil dari program pengabdian masyarakat kami ini adalah terdapat 5 laporan penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan berbagai macam topik penelitian. Survey menunjukkan bahwa para dosen menyambut baik program pendampingan ini dan merasa program ini sangat membantu. Pendampingan yang lebih intensif dengan pertemuan luring akan lebih membantu penyelesaian laporan PTK tersebut.

Keywords

penelitian Tindakan kelas penulisan ilmiah pendampingan MGMP Bhs Inggris Bantul

Article Details

References

  1. Aragon, S. R. (2003). Creating social presence in online environments. New Directions for Adult and Continuing Education, 57-68. doi:https://doi.org/10.1002/ace.119 Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (2020). SDG’s Dashbord: Indikator Sasaran Makro Pembangunan. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. http://sdgs.bappenas.go.id/dashboard/#!/pages/MakrosPage.html
  2. Creswell, John W. 2014. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif,. Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Garrison, D. R. (2017). E-Learning in the 21st Century: A Community of Inquiry Framework for Research and Practice. In E-Learning in the 21st Century (Third Edit). https://doi.org/10.4324/9781315667263-16
  4. Guo, P. J., Kim, J., & Rubin, R. (2014). How video production affects student engagement: An empirical study of MOOC videos. L@S 2014 - Proceedings of the 1st ACM Conference on Learning at Scale. https://doi.org/10.1145/2556325.2566239
  5. Marzano, R. J., Gaddy, B. B., Foseid, M. C., Foseid, M. P., & Marzano, J. S. (2005). A handbook for classroom management that works. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.
  6. Mohammadi, F. S. (2017). The Effect of Authentic Problem-Based Vocabulary Tasks on Vocabulary Learning of EFL Learners. International Journal of Education and Literacy Studies, 5(3), 35. https://doi.org/10.7575//aiac.ijels.v.5n.3p.35
  7. Putriani, M.R., Wahyuni, S. & Noviani, L. (2016). Analisis kesulitan-kesulitan yang dialami guru ekonomi untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2 (1), 1-17.
  8. Universitas Islam Indonesia (2019). Rencana Strategis UII: Periode 2018-2022. Universitas Islam Indonesia. https://www.uii.ac.id/rencana-strategis-2018-2022/