Isi Artikel Utama

Abstrak

Orangtua memainkan peran penting dalam proses tumbuh kembang anak termasuk dalam proses pendidikan yang ditempuh oleh anak. Situasi pandemi yang membuat anak menjalankan proses belajar dari rumah membuat peran orang tua semakin signifikan. Kurangnya keterampilan dalam mendampingi proses belajar daring membuat orang tua sulit untuk menunjukkan sikap pengasuhan yang suportif bagi anak. Pelatihan metode pengajaran yang meliputi metode pembelajaran yang efektif serta pengasuhan suportif bagi anak terbukti mampu secara signifikan meningkatkan keterampilan orang tua dalam mendampingi proses belajar daring yang diselenggarakan dari rumah. Pelatihan disampaikan dalam beberapa sesi mulai dari asesmen awal, pemberian pelatihan dalam bentuk ceramah dan role play, posttest, hingga follow up dalam bentuk focused group discussion dengan guru. Melalui pelatihan tersebut, pemahaman orang tua mengenai metode pembelajaran yang efektif meningkat signfikan sehingga 62% peserta memahami dengan baik metode pembelajaran yang efektif tersebut. Pelatihan ini juga terbukti mampu secara signifikan meningkatkan pemahaman orang tua dalam menerapkan pola asuh yang suportif sehingga keseluruhan peserta memiliki pemahaman yang baik tentang pengasuhan suportif bagi anak. Selanjutnya, sekolah juga dapat mengembangkan metode pembelajaran yang variatif seperti project based learning selama pandemi untuk dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi sekaligus meningkatkan interaksi antara orang tua dengan anak.

Kata Kunci

training learning method effective learning supportive parenting online learning

Rincian Artikel

Referensi

  1. Ateş, A. (2021). The Relationship Between Parental Involvement in Education and Academic Achievement: A Meta-analysis Study. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 11(3), 50–66. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.00
  2. Azizah, A. N., Wahyuningsih, S., & Fitrianingtyas, A. (2022). Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak selama program belajar dari rumah. Jurnal Kumara Cendekia, 1(1), 49–64.
  3. Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447
  4. Hasibuan, J. J., & Moedjiono. (1986). Proses belajar mengajar. Remadja Karya. https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=20355573#parentHorizontalTab1
  5. Komalasari, K. (2017). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan aplikasi. Refika Aditama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1223140
  6. Kurniasari, A. (2016). Gaya pengasuhan dan kecerdasan emosi anak. Sosio Informa, 2(2), 185–202. https://doi.org/10.33007/inf.v2i2.269
  7. Ma, X., Shen, J., Krenn, H. Y., Hu, S., & Yuan, J. (2016). A meta-analysis of the relationship between learning outcomes and parental involvement during early childhood education and early elementary education. Educational Psychology Review, 28(4), 771–801. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9351-1
  8. Majid, A. (2006). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru (Cet. II). Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=571680
  9. Morawska, A., Dittman, C. K., & Rusby, J. C. (2019). Promoting self-regulation in young children: The role of parenting interventions. Clinical Child and Family Psychology Review, 22(1), 43–51. https://doi.org/10.1007/s10567-019-00281-5
  10. Muda’im, S., & Shanie, A. (2023). The role of parents in fostering student learning motivation. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5(3), 901–911. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i3.3131
  11. Nurdin, S., Rosita, D., & Elianaz, E. (2018). Partisipasi orang tua dalam memotivasi belajar anak. Jurnal Ilmiah Psikomuda Connectedness, 2(1), 1–9.
  12. Pujiastuti, R. (2014). Karakteristik spiritual leadership perangkat desa di Kabupaten Banyumas (berdasar teori spiritual leadership Fry). Seminar Nasional dan Call for Paper (Sancall 2014): Research Methods and Organizational Studies, 367–371.
  13. Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
  14. Sukantin, Karmila, P., Hidayah, R. N., Nursavitri, R., & Pratiwi, S. V. (2019). Mendidik kemandirian anak. Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, Jambi, VI(2), 172–184.
  15. Zhu, X., Dou, D., & Karatzias, T. (2024). Editorial: Parental influence on child social and emotional functioning. Frontiers in Psychology, 15. https://www.frontiersin.org/journals/psychology/articles/10.3389/fpsyg.2024.1392772