Isi Artikel Utama
Abstrak
Berbicara adalah salah satu bentuk komunikasi yang muncul dalam tahap perkembangan manusia dan perlu dilatih sejak usia dini. Tidak jarang dalam proses tersebut anak mengalami masalah yaitu keterlambatan bicara padahal anak sudah banyak dilatih dan tinggal dalam lingkungan yang mendukung. Masalah keterlambatan bicara menjadikan orangtua cenderung cemas, bingung, dan panik apalagi jika tidak mempunyai informasi atau pengetahuan yang memadai terkait dengan permasalahan keterlambatan bicara dan bagaimana cara mencegah serta mengatasinya. Salah satu tempat yang dapat membantu orangtua dalam upaya mengatasi permasalahan keterlambatan bicara adalah PAUD-KB terdekat, di mana orangtua berharap bahwa pengajar dapat membantu untuk mengatasi masalah keterlambatan bicara anak. Namun demikian, pengajar juga seringkali mengalami keterbatasan akan informasi dan pengetahuan tentang bagaimana mengatasi keterlambatan bicara pula sehingga usaha dan bantuan pun kurang optimal.Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Psikologi hadir untuk membantu memberikan psikoedukasi terkait dengan pengenalan, pencegahan, dan penanganan keterlambatan bicara anak melalui pelatihan dan tugas tentang stimulasi bicara anak dengan program “Kartong Mejik”. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahsa orangtua dan guru sudah lebih memahami dan berharap bahwa dengan adanya informasi melalui pengabdian, orangtua dan guru dapat berkurang kebingungannya ketika menghadapi permasalahan keterlambatan bicara pada anak
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Markus Nanang Irawan Budi Susilo, Sri Widyawati, Gusti Yuli Asih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Amelia, C. R. T., Susilo, M. N. I. B., & Pribadi, A. S. (2021, August 24). Pelatihan pembuatan Individualized Education Program bagi guru sekolah berkebutuhan khusus. E-Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Semarang.
- Atkinson, R. L., Atkinson, R. L., & Hilgard. (2005). Pengantar psikologi (Edisi ke-8, Jilid 1, Agus Dharma & Michael Adryanto, Penerj.). Penerbit Erlangga: Jakarta.
- Greenspan, S., & Wieder, S. (2008). DIR®/Floortime™ Model. The International Council on Developmental and Learning Disorders. (Diakses pada tanggal 21 Februari 2023 dari http://veipd.org/main/pdf/copa/copa_floortime_ dir.pdf)
- Hutami, E. P., & Samsidar. (2018). Strategi komunikasi simbolik speech delay pada anak usia 6 tahun di TK Paramata Bunda Palopo. Jurnal Tunas Cendekia, 1(1), April 2018.
- Kurniasari, A., & Prima, E. (2020). Penanganan anak usia dini dengan gangguan perkembangan bahasa ekspresif di KB Al Azkua Lab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto. Jurnal CARE, 8(1), Juli 2020. Universitas PGRI Madiun.
- Lestari, A. P. K., & Ulfatin, N. (2016). Manajemen pendidikan dan pelatihan berjenjang untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD. Manajemen Pendidikan, 25(1), 79-87.
- Manalor, L. L., Huru, M. M., Saleh, U. K. S., & Wariyaka, M. R. (2022). Gangguan perkembangan bicara dan bahasa pada anak usia 36-48 bulan di Puskesmas Oebobo Kota Kupang tahun 2019. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 1-12.
- Mu’awwanah, U., & Supena, A. (2021). Peran orang tua dan keluarga dalam penanganan anak dengan gangguan komunikasi (bicara atau bahasa). Jurnal Basicedu, 5(1), 227-238.
- Riyadin, S. (2016). Kebijakan pengembangan profesionalisme guru PNS. JKMP, 4(2), 117-234.
- Rohmalina. (2015). Pelatihan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD di Kota Cimahi. Jurnal Empowerment, 3(1), 1-12.
- Sari, F., Robiatul, A., & Siti, E. (2019). Hubungan stimulasi floortime dengan terapi wicara pada anak dengan keterlambatan bahasa dan bicara. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 9(2), 153-168.
- Sirjon, & Narahawarin, F. (2021). Keterlambatan bicara pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Panrita, 2(1).
- Sunanik. (2013). Pelaksanaan terapi wicara dan terapi sensori integrasi pada anak terlambat bicara. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1).
- Yuniari, N. M., & Juliari, I. G. A. I. (2020). Strategi terapis wicara yang dapat diterapkan oleh orang tua penderita keterlambatan berbicara (speech delay). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP), 4(3), 564-570.
- Tim PkM Fakultas Psikologi. (2022). Dokumentasi tim pengabdian kepada masyarakat atas pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di PAUD-KB Seroja, Tanjung Mas-Semarang.
Referensi
Amelia, C. R. T., Susilo, M. N. I. B., & Pribadi, A. S. (2021, August 24). Pelatihan pembuatan Individualized Education Program bagi guru sekolah berkebutuhan khusus. E-Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Semarang.
Atkinson, R. L., Atkinson, R. L., & Hilgard. (2005). Pengantar psikologi (Edisi ke-8, Jilid 1, Agus Dharma & Michael Adryanto, Penerj.). Penerbit Erlangga: Jakarta.
Greenspan, S., & Wieder, S. (2008). DIR®/Floortime™ Model. The International Council on Developmental and Learning Disorders. (Diakses pada tanggal 21 Februari 2023 dari http://veipd.org/main/pdf/copa/copa_floortime_ dir.pdf)
Hutami, E. P., & Samsidar. (2018). Strategi komunikasi simbolik speech delay pada anak usia 6 tahun di TK Paramata Bunda Palopo. Jurnal Tunas Cendekia, 1(1), April 2018.
Kurniasari, A., & Prima, E. (2020). Penanganan anak usia dini dengan gangguan perkembangan bahasa ekspresif di KB Al Azkua Lab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto. Jurnal CARE, 8(1), Juli 2020. Universitas PGRI Madiun.
Lestari, A. P. K., & Ulfatin, N. (2016). Manajemen pendidikan dan pelatihan berjenjang untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD. Manajemen Pendidikan, 25(1), 79-87.
Manalor, L. L., Huru, M. M., Saleh, U. K. S., & Wariyaka, M. R. (2022). Gangguan perkembangan bicara dan bahasa pada anak usia 36-48 bulan di Puskesmas Oebobo Kota Kupang tahun 2019. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 1-12.
Mu’awwanah, U., & Supena, A. (2021). Peran orang tua dan keluarga dalam penanganan anak dengan gangguan komunikasi (bicara atau bahasa). Jurnal Basicedu, 5(1), 227-238.
Riyadin, S. (2016). Kebijakan pengembangan profesionalisme guru PNS. JKMP, 4(2), 117-234.
Rohmalina. (2015). Pelatihan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD di Kota Cimahi. Jurnal Empowerment, 3(1), 1-12.
Sari, F., Robiatul, A., & Siti, E. (2019). Hubungan stimulasi floortime dengan terapi wicara pada anak dengan keterlambatan bahasa dan bicara. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 9(2), 153-168.
Sirjon, & Narahawarin, F. (2021). Keterlambatan bicara pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Panrita, 2(1).
Sunanik. (2013). Pelaksanaan terapi wicara dan terapi sensori integrasi pada anak terlambat bicara. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1).
Yuniari, N. M., & Juliari, I. G. A. I. (2020). Strategi terapis wicara yang dapat diterapkan oleh orang tua penderita keterlambatan berbicara (speech delay). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP), 4(3), 564-570.
Tim PkM Fakultas Psikologi. (2022). Dokumentasi tim pengabdian kepada masyarakat atas pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di PAUD-KB Seroja, Tanjung Mas-Semarang.
