Isi Artikel Utama

Abstrak

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang berjudul “PKM Pengolahan Kain Perca Bagi Ibu Masyarakat Desa Munggugianti, Kec. Benjeng, Kab. Gresik” memiliki tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra 1 (kelompok pengrajin pengolahan kain perca Desa Munggugianti, Kec. Benjeng, Kab. Gresik). Permasalahan yang dihadapi oleh mitra PKM meliputi 4 Aspek yaitu: a) Pengembangan bisnis pengrajin kain perca, b) Inovasi Pengolahan Kain Perca, c) Pemasaran Produk Hasil Olahan Kain Perca, d) Administrasi dan Keuangan Bisnis Pengrajin Kain Perca. Solusi dari kesulitan pengembangan bisnis yang ditawarkan PKM kepada mitra meliputi: 1) Upaya memberikan pengetahuan dasar bisnis, 2) Pengadaan modul dasar pengembangan bisnis, 3) Memberikan pelatihan dasar bisnis. Solusi Inovasi Pengolahan Kain Perca, diselesaikan dengan cara: 1) pelatihan pembutan produk kerajinan kain perca yang tersandarisasi 2) Sosialisasi pengenalan jenis-jenis produk olahan kain perca. Solusi masalah ketiga (Pemasaran Produk Hasil Olahan Kain Perca) dengan cara: 1) Membekali peserta dengan pengetahuan promosi sebuah produk, 2) Memperkenalkan dengan jalur pemasaran, 3) membuka pemasaran melalui jalur online dan jalur offline. Solusi dari permasalahan keempat (Administrasi dan keuangan bisnis) ditempuh melalui: 1) memperkenalkan pada lembaga keuangan, 2) Memberikan pelatihan dasar-dasar keuangan bisnis. Proses pelaksanaan program PKM dilaksanakan melaui metode pendekatan, partisipasi mitra dan proses evaluasi terhadap kegiatan yang sudah diselenggarakan. Luaran dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa: 1) publikasi artikel pada jurnal terakreditasi nasional atau prosiding nasional, 2) Peningkatan dan Pemahaman kemampuan manajemen mitra (pengrajin kain perca), 3) Peningkatan pendapatan pengrajin kain perca dari bisnis yang dijalankan., 4) Memiliki produk olahan kain perca yang siap dipasarkan.

Kata Kunci

Bisnis Ibu Rumah Tangga Pengolahan Kain Perca Pengrajin

Rincian Artikel

Referensi

  1. Anwar S. 2023. “Universitas Ciputra Latih Warga Munggugianti Gresik.” Beritajatim.Com. Retrieved February 5, 2024 (https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/universitas-ciputra-latih-warga-munggugianti-gresik/).
  2. Asiah AN. 2023. “Dosen Di Surabaya Beri Pelatihan Warga Munggugianti Olah Limbah Kain Jadi Berkah.” Kumparan - BASRA (Berita Anak Surabaya). Retrieved February 5, 2024 (https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/dosen-di-surabaya-beri-pelatihan-warga-munggugianti-olah-limbah-kain-jadi-berkah-1zqAdsHbViI).
  3. Gilda. 2023. “Analisis SWOT Kain Perca: Jenis Kain Yang Unik Dengan Potensi Bisnis Yang Menggiurkan.” Perpusteknik.
  4. Lie T. 2023. “Mengubah Ancaman Limbah Menjadi Sesuatu Yang Penuh Berkah.” Zona Surabaya Raya. Retrieved February 5, 2024 (https://zonasurabayaraya.pikiran-rakyat.com/ekbiz/pr-1856272735/mengubah-ancaman-limbah-menjadi-sesuatu-yang-penuh-berkah).
  5. Papanek V. 1995. The Green Imperative: Ecology and Ethics in Design and Architecture. New York: Thames & Hudson.
  6. Pratama R. 2023. “UC Ajak Masyarakat Ubah Limbah Perca Jadi Barang Ekonomis.” Suara Surabaya. Retrieved February 5, 2024 (https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2023/uc-ajak-masyarakat-ubah-limbah-perca-jadi-barang-ekonomis/).
  7. Pustakalewi. 2023. “UC Ajak Masyarakat Desa Munggugianti Manfaatkan Limbah Sehingga Jadi Berkah Keluarga.” Pustakalewi News. Retrieved February 5, 2024 (https://www.pustakalewi.com/uc-ajak-masyarakat-desa-munggugianti-manfaatkan-limbah-sehingga-jadi-berkah-keluarga/).
  8. Sawitri S, Rina R, Siti N, and Wulansari P. 2013. “Pemasaran Pada Usaha Busana Dengan Bahan Baku Kain Perca Pada Industri Kreatif Di Kabupaten Semarang (The Fashion Enterprise by Using Fabric Wastes Marketing in Creative Industry in Semarang Distric).” Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana 2013 8(1):428–40.
  9. Setiawan D. 2023. “Dosen UC Ajak Masyarakat Manfaatkan Kain Perca Jadi Produk Ekonomis.” Harian Bhirawa. Retrieved February 6, 2024 (http://www.harianbhirawa.co.id/dosen-uc-ajak-masyarakat-manfaatkan-kain-perca-jadi-produk-ekonomis/).